Pegawai Basarnas Bali Dilakukan Rapid Test, Ini Hasilnya

Pegawai Basarnas Bali jalani rapid test. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Tak ingin kecolongan karena menjadi garda terdepan dalam penanganan, sebanyak 60 orang pegawai Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) menjalani rapid test Covid-19.

“Untuk pemeriksaan rapid test ini, kita utamakan bagi tenaga rescuer dan ABK KN SAR Arjuna, karena mereka merupakan garda terdepan dalam pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan,” kata Kepala Kantor Basarnas Bali Gede Darmada, Senin (18/5/2020) di Denpasar.

Rapid test dilakukan dalam 2 tahap. Tahap pertama berlangsung, Jumat (15/5/2020) di Puskesmas BKIA Abian Base, Jalan Raya Kuta No. 3, Badung. Tahap kedua telah dilakukan hari ini, Senin (18/5/2020) di wantilan DPRD Puspem Badung.

“Hari ini ada 34 yang menjalani test, dan 26 lainnya sudah ikut tahap pertama, jadi totalnya 60 orang,” paparnya.

Darmada menerangkan, terselenggaranya rapid test merupakan kerjasama antara Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar dengan Satgas Penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Badung.

Dijelaskan, hal ini juga sebagai langkah antisipasi, di mana Basarnas Bali tergabung dalam Satgas Penanggulan-19 dan terlibat langsung saat pemulangan PMI Kapal Pesiar di Pelabuhan Benoa.

Gede Darmada berharap personelnya tidak ada yang terpapar virus corona.

“Jika ada personel yang terpapar dengan pemeriksaan rapid test ini maka bisa dicegah secara dini agar dapat memutus penyebarannya, namun bersyukur hasil keseluruhannya negatif,” tegasnya.

Dikatakan oleh Darmada, penerapan hidup bersih dan sehat, menggunakan APD saat bertugas serta menjaga physical distancing sesuai SOP Pelaksanaan Operasi Pencarian dan Pertolongan di masa pandemic virus Corona ini, menjadi kunci utama agar tidak terpapar Covid-19. (agw)

BACA JUGA:  Bali Raih Peringkat Pertama Nasional MCP dan Stranas PK dari KPK