Kapal Penumpang di Benoa Tak Beroperasi, Tradisi Mudik Hilang

 Dermaga kedatangan dan keberangkatan kapal penumpang Pelabuhan Benoa tampak sepi. (Foto : Agung Widodo/Beritabalionline.com)

Beritabalionline.com – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 2020, areal Pelabuhan Benoa Denpasar tampak sepi. Tidak ada satupun terlihat penumpang di dermaga keberangkatan maupun kedatangan kapal.

“Sesuai surat peraturan dari Menteri Perhubungan tentang pembatasan, kapal tutup, tidak ada kapal penumpang yang bersandar di Pelabuhan Benoa,” ujar Kapolsek Kawasan Laut Benoa Kompol Abdus Salim saat ditemui di dermaga Pelabuhan Benoa, Denpasar, Kamis (14/5/2020).

Sebelum merebaknya virus Corona ucap Kapolsek, dalam sepekan ada empat kapal penumpang bersandar. Namun saat ini hanya kapal pengangkut barang yang masih beraktivitas normal.

Disinggung adanya kelonggaran bagi masyarakat yang hendak pulang ke kampung asalnya, Kapolsek menyatakan hal itu tidak terjadi di Pelabuhan Benoa.

“Gimana mau nyeberang untuk pulang kampung, kapalnya saja tidak ada yang beroperasi. Mungkin di Pelabuhan Ketapang masih buka ya, di sini tutup,” tegasnya.

Terkait keamanan, Kapolsek Abdus Salim mengatakan bahwa situasi di kawasan Pelabuhan Benoa berlangsung normal dan tidak ada gangguan keamanan yang menonjol.

Guna mencegah penyebaran virus Corona yang telah merenggut korban jiwa, Kapolsek mengaku pihaknya rutin melakukan patroli wilayah.

“Kita imbau masyarakat agar selalu mengenakan masker saat aktivitas di luar rumah, jaga jarak, serta meminta toko-toko tutup lebih awal dari biasanya yang buka sampai malam,” paparnya. (agw)

BACA JUGA:  Perkuat Identitas Budaya Indonesia, Moeldoko Dukung Usulan Hari Kebaya Nasional