Pendaftaran PPDB SMA dan SMK Tahun Ini Beda dengan Tahun Sebelumnya

Kepala Disdikpora Ptovinsi Bali Ketut Ngurah Boy Jayawibawa.

Beritabalionline.com – Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali akan membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk siswa-siswi SMA maupun SMK Negeri tahun ajaran 2020/2021.

“Dalam tahapan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru wajib mengikuti protokol kesehatan untuk
mencegah penyebaran Covid-19,” ujar Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Provinsi Bali, Ketut Ngurah Boy Jayawibawa, Rabu (13/5/2020) di Denpasar.

Dijelaskan Jayawibawa, untuk teknis jalur pendaftaran tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. Jika tahun lalu peserta didik baru melakukan pendaftaran secara online kemudian nomor pendaftaran tersebut diverifikasi ke sekolah, tahun ini tidak demikian.

“Sekarang tidak ada siswa didik baru datang ke sekolah, semuanya dilakukan secara online untuk menghindari tatap muka dalam situasi pandemi Covid-19,” bebernya.

Untuk PPDB di tingkat SMA dibuka melalui empat jalur yakni jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orang tua dan jalur prestasi. Sedangkan, PPDB di tingkat SMK dibuka melalui 3 jalur yakni jalur afirmasi, jalur sekolah dengan perjanjian, dan jalur prestasi.

Proses pendaftaran tahap pertama bagi siswa SMA dengan jalur firmasi, anak inklusi, sekolah dengan perjanjian, perpindahan tugas orangtua, dan sertifikat prestasi dibuka tanggal 15-17 Juni 2020 dan akan diumumkan pada tanggal 20 Juni 2020.

Hal yang sama juga berlaku untuk pendaftaran PPDB SMK dengan jalur afirmasi, anak inklusi, sekolah dengan perjanjian, sertifikat prestasi yakni dibuka tanggal 15-17 Juni 2020 dan akan diumumkan pada tanggal 20 Juni 2020.

Sementara untuk jalur zonasi dibuka tanggal 22-24 Juni 2020 dan akan diumumkan pada tanggal 27 Juni 2020.

Sedangkan untuk PPDB SMA dan SMK dengan jalur nilai rangking dan rapor pendaftaran dibuka tanggal 29-30 Juni 2020, sedangkan pengumuman dilakukan pada tanggal 3 Juli 2020. (agw)

BACA JUGA:  Bale Dangin Milik Warga di Desa Sidan Ludes Terbakar