Kasus Positif Covid-19 di Bali Bertambah 14, Sembuh 5 Orang

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Bali, Dewa Made Indra.

Beritabalionline.com – Di tengah sanjungan Presiden Joko Widodo terhadap cara penanganan Covid-19 di Bali agar ditiru provinsi lain di Indonesia, tiba-tiba angka positif Covid-19 baru di Bali meroket pada Selasa 12 Mei 2020 sebanyak 14 orang, sehingga secara kumulatif jumlah pasien positif menjadi 328 orang.

“Tambahan 14 kasus baru itu semuanya warga negara Indonesia, terdiri atas seorang pekerja migran Indonesia, sembilan orang daerah terjangkit dan empat orang transmisi lokal,” sebut Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra selaku Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali, di Denpasar, Selasa (12/5/2020)

Sementara untuk pasien sembuh, sambung Dewa Indra, bertambah lima orang semuanya WNI, terdiri dari tiga orang PMI dan dua orang non PMI. Dengan tambahan itu, kini total pasien sembuh sejumlah 215 orang. “Sedangkan jumlah pasien yang meninggal sejumlah empat orang,” imbuhnya.

Saat ini di Bali jumlah Jumlah pasien positif dalam perawatan (kasus aktif) sebanyak 109 orang, yang berada di 10 rumah sakit dan dikarantina (Bapelkesmas, Wisma Bima dan BPK Pering).

Dewa Indra mengatakan, jumlah angka positif di Bali sebagian besar masih didominasi oleh imported case, untuk transmisi lokal sejumlah 123 orang. Hal ini berarti masih ada masyarakat yang tidak mengindahkan upaya-upaya pencegahan Covid-19, seperti tidak memakai masker, tidak mencuci tangan, tidak melakukan physical distancing dan lainnya.

“Untuk itu, sekali lagi, dalam menekan kasus transmisi lokal maka masyarakat harus sadar dan disiplin dalam melakukan upaya pencegahan virus ini,” ucap Dewa Indra. (ist)

BACA JUGA:  Akibat Data Tidak Valid, Seorang Ibu Rumah Tangga di Denpasar Merasa "Dicovid-kan"