Bantu Sembako, Bupati Mas Sumatri Sambangi Langsung Rumah Warga

Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri bersama sejumlah OPD di lingkungan Pemkab Karangasem terus turun kebawah guna memantau pelaksanaan upaya penanggulangan Wabah Covid-19.
Beritabalionline.com – Wabah Covid-19 Karangasem kian dirasakan dampaknya oleh masyarakat utamanya mereka yang terkena PHK maupun kehilangan penghasilan lantaran tempat usaha mereka tidak buka karena wabah corona.
Menyikapi kondisi yang dialami masyarakatnya tersebut, Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri bersama sejumlah OPD di lingkungan Pemkab Karangasem terus turun kebawah guna memantau pelaksanaan upaya penanggulangan Wabah Covid-19 termasuk mengatasi dampak ekonomi akibat wabah virus mematikan tersebut.
Selasa (12/5/2020) Bupati bersama rombongan turun kesejumlah kampung muslim di Karangasem, dan yang disasar kemarin yakni Kampung Muslim Bangras dan Karanglangko. Dibantu Kepala Lingkungan setempat, Bupati dan OPD terkait menyisir warga miskin yang tidak mendapatkan bantuan pusat dan desa, untuk kemudian diserahkan langsung paket bantuan sembako.
Di dua kampung muslim tersebut bupati menyerahkan 50 paket bantuan sembako dengan mendatangi langsung rumah tinggal warga bersangkutan.
“Kita dibantu oleh Kepala Lingkungan setempat yang paling mengetahui kondisi warganya. Saya sengaja turun langsung agar bisa mengetahui secara riil kondisi masyarakat saya dibawah, apalagi ditengah kondisi bencana non alam, wabah Covid-19, seperti sekarang ini,” tegas Bupati Mas Sumatri.
Tidak hanya menyerahkan bantuan paket Sembako, Bupati juga memberikan bantuan susu kepada Bayi atau Balita serta sejumlah Lansia yang ditemui saat turun ke Kampung Bangras dan Karanglangko kemarin.
Sementara itu, Dahman (65) salah satu warga penerima bantuan mengaku sudah tiga bulan ini dirinya tidak lagi memiliki penghasilan, praktis sejak saat itu dirinya banyak bergantung dari bantuan tetangga untuk kebutuhan makan keluarganya.
“Saya jualan tempe keliling sampai ke Sidemen. Tapi sejak wabah Covid-19 ini saya tidak lagi bisa berjualan karena sepi,” ungkapnya. Dia dan keluarganya menyampaikan terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh Bupati yang langsung mendatangi rumahnya tersebut.
Usai memberikan bantuan di dua kampung muslim tersebut, lanjut Mas Sumatri bergerak menuju Pasar Amlapura Barat.
Kedatangan orang nomor satu di Bumi lahar ini langsung disambut oleh para buruh angkut atau “Tukang Suwun” yang biasa bekerja di Pasar Amlapura Barat dan Amlapura Timur. Ternyata Bupati sangat akrab dengan para buruh angkut di dua pasar tersebut, sesekali guyon sembari mengingatkan agar para Tukang Suwun yang sebagian besar adalah ibu-ibu tersebut untuk tetap menjaga kesehatan, menerapkan Physical Distancing, serta tetap mengenakan masker selama bekerka.
“Dampak wabah Covid-19 ini hampir dirasakan oleh semua kalangan! Dan saya pastikan Pemerintah Kabupaten Karangasem akan selalu hadir untuk masyarakat ditengah bencana ini. Jadi tetap semangat dan berjuang serta kita berdoa agar wabah ini segera berlalu,” ujarnya.
Dalam kesempatan itu, Mas Sumatri menyerahkan sebanyak 150 paket sembako kepada para Tukang Suwun di Pasar Amlapura Barat, Amlapura Timur dan di Pasar Karang Sokong, Subagan. Bantuan Sembako tersebut merupakan bantuan dari CSR Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD). (huk)
BACA JUGA:  Jalankan Perintah Tri Dharma Perguruan Tinggi, Fakultas Hukum Universitas Dwijendra Ikuti Kegiatan Pengabdian Masyarakat