Tempat Relokasi Pasar Gianyar Dinilai Representatif

Bupati Gianyar saat mengecek kesiapan tempat Relokasi Pasar Gianyar, di Kelurahan Samplangan, Gianyar,(foto: ist)

Beritabalionline.com – Bupati Gianyar, Made Mahayastra dengan Organisasi Perangkat Daerah  (OPD) terkait, beserta anggota DPRD Gianyar meninjau kesiapan relokasi Pasar Gianyar, Senin (11/5/2020).

Secara keseluruhan bangunan memang telah siap ditempati oleh pedagang sebelum Pasar Gianyar dibongkar. Namun beberapa catatan penting akan menjadi persoalan di tempat relokasi tersebut, yaitu dikhawatirkan banjir, dan panas akibat kurangnya pohon perindang.

Made Mahayastra mengaku saat ini tempat relokasi secara fisik sudah siap akan dilakukan pemindahan pedagang.  Maka selanjutnya akan memasuki tahapan pembongkaran. “Kita meninjau langsung, maka 14 Mei 2020 ini pedagang sudah siap pindah dengan terlebih dahulu dilakukan undian,” jelasnya.

Mahayastra juga menyampaikan areal relokasi pasar lahannya cukup luas dan lebih efektif untuk penerapan pedagang untuk jaga jarak di tengah wabah Covid 19 ini. Jika normal, seribu lebih para pedagang hanya berjualan di sana sekitar 1,5 tahun saja.

Mengingat tahapannya pada 14 Mei sampai 24 Mei ini total para pedagang sudah harus pindah.  Sedangkan tanggal 28 Mei sudah mulai bongkar yang memerlukan  waktu selama dua bulan.

“Oktober fisik sudah mulai lelang tahapan pembangunan, dan ini sejarah pertama kali di Gianyar ada proyek dengan anggaran sebesar Rp 250 miliar. Tinggal yang kurang hanya tempat sampah saja, seluas ini tempat sampah masih kecil.

Penghijauannya juga karena jam 10 sampai jam 12 siang pasti sangat panas, perlu penambahan perindang. Akan saya arahkan tanam pohon jadi. Untuk drenase juga cukup, kita tes saat musim hujan, ketika penjagaannya bagus jangan tersumbat tidak akan banjir, itu tugas kepala pasar itu,” ucapnya.

BACA JUGA:  Wali Kota Jaya Negara 'Mendem Pedagingan' di Padmasana Sekolah Sushrusa

Pada tempat yang sama, Ketua Fraksi PDIP DPRD Gianyar, Ketut Sudarsana menjelaskan mengatakan tempat relokasi tepat untuk penanganan Covid 19, khususnya untuk jarak.

“Tempat relokasi sudah luas dan di tengah Covid justru pasar ini akan nyaman. Secara mega proyek semuanya sah, rata -rata pedagang sudah setuju dan ini merupakan yang patut diapresiasi di tengah Covid ada proyek besar seperti ini. Karena ini merupakan berkah, banyak tenaga kerja ditampung dan tujuannya memutar roda perekonomian warga Gianyar,”ujarnya. (yes)