Ratusan Warga Padangkerta, Karangasem Jalani Rapid Test

Rapid test virus Corona atau COVID-19. 

Beritabalionline.com – Sebanyak 181 warga di wilayah Kelurahan Padangkerta, Kabupaten Karangasem, Bali, Kamis (30/4/2020)  menjalani rapid test secara massal terkait dengan adanya peningkatan kasus Covid-19 yang signifikan secara epidemiologi di wilayah kelurahan tersebut.

“Bagi warga yang hasil rapid test-nya reaktif, sambil menunggu swab akan dilakukan karantina terpusat di BLK Pering Gianyar. Ini sesuai hasil koordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Bali,” kata IGB Putra Pertama, koordinator Bidang Kesehatan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Karangasem.

Sementara dari unsur Gugus Tugas yang terjun ke lapangan, diperoleh informasi bahwa dari 181 warga yang menjalani rapid test tersebut, 12 di antaranya dinyatakan reaktif positif Covid-19. Berkakitan dengan itu, mereka langsung dikirim ke tempat karantina di BLK Gianyar.

Putra Pertama menyebutkan, sesuai dengan Undang-Undang No.6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan, dijelaskan bahwa untuk mengurangi penyebaran suatu wabah, maka diputuskan di sebagian wilayah Lingkungan Padangkerta Kaler akan dilakukan karantina rumah.

Pelaksanaan karantina rumah dilakukan dengan pengawasan Satgas Kelurahan Padangkerta, Satgas Gotong Royong Lingkungan Padangkerta Kaler dan aparat TNI/Polri. Sehubungan dengan itu, anggota masyarakat di sebagian wilayah Lingkungan Padangkerta Kaler diharapkan untuk disiplin melaksanakannya, ujar Putra Pertama yang Juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem.

Mengenai jumlah kumulatif pasien positif Covid-19 di Kabupaten Karangasem, Putra Pertama menyebutkan sebanyak 13 orang, di mana 4 orang (30,77%) di antaranya merupakan imported cases, dan 9 lainnya (69,23%) terinfeksi virus melalui transmisi lokal.

Dari 13 orang kasus positif tersebut, 6 orang (46,15%) kini menjalani karantina di Bapelkes Denpasar, dan 7 lainnya (53,85%) sudah dinyatakan sembuh. “Hari ini, 1 orang menyusul dinyatakan sembuh, namun masih harus menjalani karantina di tempat yang telah disediakan Pemerintah Kabupaten Karangasem,” ucapnya.

BACA JUGA:  Penanganan Covid-19, Pemkab Klungkung Alokasikan Rp 60 M

Mengenai jumlah kumulatif pasien positif Covid-19 di Kabupaten Karangasem, ia menyebutkan sebanyak 13 orang, di mana 4 orang (30,77%) di antaranya merupakan imported cases, dan 9 lainnya (69,23%) terinfeksi virus melalui transmisi lokal. (ist)