Presiden Minta Gubernur Buat Program Perkuat Stimulus Ekonomi

Presiden Joko Widodo.

Beritabalionline.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada kepala daerah agar merancang program daerah untuk memperkuat stimulus ekonomi yang sudah diberikan oleh pemerintah pusat. Hal tersebut bertujuan untuk membantu masyarakat yang terkena pandemi Covid-19.

“Saya hanya titip dalam menyiapkan program stimulus di daerah jalankan dengan skema yang jelas, yang transparan dan terstruktur,” kata Jokowi saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2020 melalui siaran telekonference di Istana Merdeka, Kamis (30/4/2020).

Dia imbau agar para gubernur untuk menjelaskan dan merinci terkait stimulus apa yang diberikan untuk tenaga kerja. Jangan sampai, kata Jokowi, sudah melakukan program stimulus tetapi masih terjadi pemecatan tenaga kerja di daerah.

“Jangan hanya mau mendapatkan stimulus ekonomi tetapi tetap melakukan PHK pada para pekerjaannya,” ungkap Jokowi.

Jokowi juga minta pemerintah daerah memverifikasi dan lakukan evaluasi berkala terkait efektivitas paket stimulus ekonomi. Sehingga kata dia paket tersebut berdampak pada masyarakat.

“Sehingga berdampak pada penyelamatan tenaga jutaan tenaga kerja yang bergantung di sektor rill,” jelas Jokowi.

Pemerintah Pusat dan Daerah Harus Berjalan Satu Arah

Jokowi juga mengatakan di tengah pandemi saat ini harus dibutuhkan sinergi yang kuat. Sebab 213 negara yang terkena wabah tersebut pun tidak ada yang betul-betul siap menghadapinya. (itn)

BACA JUGA:  Mantan Gubernur DKI, Ahok Luncurkan Buku 'Panggil Saya BTP'