Dalam Sebulan, 4.960 PMI Tiba di Bandara Ngurah Rai Gunakan Pesawat Charter Khusus

Petugas memeriksa kesehatan PMI di Bandara Ngurah Rai. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Sebanyak 4.960 Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja sebagai pekerja migran telah kembali ke Indonesia melalui Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Dalam pencatatan yang dilakukan sejak tanggal 23 Maret hingga 27 April tersebut, para pekerja migran yang bekerja di berbagai negara tersebut pulang kembali ke Indonesia melalui 27 penerbangan charter khusus.

“Penerbangan pemulangan kembali WNI yang kami layani hingga saat ini telah mencapai jumlah 27 penerbangan, dimulai dari penerbangan LOT Polish Airlines dengan nomor penerbangan LO8535 pada 23 Maret lalu,” kata General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Herry A.Y. Sikado, Rabu (29/4/2020) di Tuban, Kabupaten Badung.

Herry memperkirakan jumlah ini akan terus bertambah seiring dengan penambahan permintaan unscheduled rescue flight.

Selain pemulangan WNI dari luar negeri, Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai juga melayani penerbangan pemulangan atau repatriasi wisatawan berkewarganegaraan asing di Bali menuju negara asal.

Terhitung dari tanggal 8 Februari hingga 27 April, sebanyak 22 penerbangan repatriasi yang mengangkut sedikitnya 3.408 WNA dari berbagai negara telah terlayani.

Penerbangan repatriasi pertama adalah dari pemerintah China, di mana dipulangkan sebanyak 61 warga negara China untuk kembali ke kota Wuhan melalui penerbangan China Eastern MU799 di tanggal 8 Februari.

“Terakhir, kami melayani penerbangan pemulangan 242 WNA menuju kota Samara di Rusia melalui penerbangan Rossiya Airlines FV6296 di tanggal 27 April lalu,” pungkas Herry. (agw)

BACA JUGA:  Bom Meledak di Mapolresta Medan, Pelaku Kenakan Atribut Ojek Online