Bali Secara Nasional Duduki Peringkat 8 Jumlah Komulatif COVID-19

Virus Corona atau COVID-19.

Beritabalionline.com – Secara nasional Provinsi Bali saat ini menempati peringkat kedelapan dalam jumlah komulatif kasus virus Corona atau Covid-19 atau berada di bawah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) (206 kasus), Banten (382 kasus), Sulawesi Selatan (440 kasus), Jawa Tengah (666 kasus), Jawa Timur (796 kasus), Jawa Barat (951 kasus) dan DKI Jakarta (3.869 kasus).

Hal tersebut menegaskan bahwa apa yang menjadi kekhawatiran sejumlah pihak bahwa Bali diperkirakan akan paling terancam terkena Covid-19 — mengingat Bali sebagai destinasi wisata terbesar di Indonesia — ternyata sampai saat ini tidak terbukti. Demikian disebutkan Tim Analisis COVID-19 Provinsi Bali dalam laporannya kepada Gubernur Bali Wayan Koster di Denpasar, Senin (27/4/2020).

Sementara data perkembangan pasien Covid-19 di Bali hingga Senin (27 /4/2020) mencatat jumlah kasus positif Covid-19 di Bali sebanyak 193 orang, sebagian besar merupakan Pekerja Migran Indonesia (PMI/ABK) yaitu sebanyak 124 orang. Berikutnya 20 orang pelaku perjalanan dari luar daerah/luar Bali, dan 40 orang merupakan Transmisi Lokal.

Dari 40 Trasmisi Lokal tersebut lebih dari 51,0 persen terjadi karena penularan dalam keluarga dan 39,0 persen penularannya diduga melalui Orang Tanpa Gejala (OTG) positif.

Dari sebaran tersebut, Kota Denpasar memiliki kasus positif terbanyak (50 orang) dengan 16 Transmisi Lokal. Dengan Transmisi Lokal tertinggi tersebut menunjukkan bahwa telah terjadi penularan antar masyarakat cenderung meningkat.

Dijelaskan pula, hasil pemantauan dari berbagai pihak menunjukkan bahwa akhir-akhir ini mulai terjadi peningkatan pergerakan masyarakat Denpasar di luar rumah, yaitu ramainya di jalan dan di tempat-tempat umum yang menunjukkan suatu keadaan menurunnya kesadaran dan disiplin masyarakat dalam pencegahan penularan Covid-19.

BACA JUGA:  Tabrak Pembatas Jalan, Mobil Dikendarai Perempuan Muda Terbalik di Kuta

Keadaan tersebut dsangat kontras perbedaannya dengan kabupaten lain. Bahkan, di Kabupaten Badung yang merupakan destinasi wisata, masyarakatnya terlihat sangat tertib, dimana di jalan dan di tempat umum terlihat sepi.

Tim Analisis COVID-19 Provinsi Bali juga menyebutkan bahwa sampai saat ini hanya di Kabupaten Tabanan belum terjadi Transmisi Lokal, dimana kasus positifnya juga paling rendah. Itupun terjadi karana adanya PMI yang positif. Hal ini perlu diberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Tabanan dan masyarakatnya atas upaya yang dilakukan dalam pencegahan Covid-19. (tra)