KONI Gianyar Harapkan Ada Toleransi Umur Atlet

Pande Purwata.

Beritabalionline.com – KONI Kabupaten Gianyar, yang ikut menyuplai atlet tim PON Bali, berharap ada toleransi batasan umur bagi atlet PON XX/2021.

Harapan itu muncul usai penundaan jadwal PON pada Oktober 2021.  Pasalnya, sejumlah atlet diakui ada yang melampaui batasan umur.  Untuk itu, KONI Gianyar berharap ada kebijakan khusus bagi atletnya. Dengan catatan, atlet bersangkutan memang lolos PON dan memenuhi persyaratan. Mereka melampaui batasan umur hanya karena PON diundur setahun penuh.
Padahal jika PON tetap digulirkan sesuai rencana awal, tidak ada permasalahan umur atlet. Sebab, mereka melewati regulasi Pra PON. Dan, mereka benar-benar berhak tampil di PON.

“PON diundur satu tahun pasti ada atlet yang terekrut saat mewakili Bali di ajang PON akan kelebihan usia satu tahun. Yang kelewatan umur, ini wajib ada kebijakan dan toleransi agar atlet bisa bertanding,” kata Ketua Umum KONI Gianyar Pande Purwata, minggu  (26/4/2020).

Menurut Purwata, agar diabaikan dulu soal faktor usia untuk PON yang diundur tahun 2021. Jika tidak, secara psikologis akan mengecewakan atlet itu sendiri. Dan, yang terekrut dan dipersiapkan untuk PON akhirnya gagal bertanding.

“Usulan kami siapapun atlet yang semestinya tampil pada PON 2020, diperbolehkan turun pada PON 2021. Itu kan sudah ada datanya secara riil. Jadi, jangan diutak-atik lagi karena faktor umur. Sebab, ini bukan kesalahan atlet atau regulasi tidak melakukan proteksi. Tapi karena emergency makanya PON diundur setahun,” beber Pande Purwata. Menurut Purwata, atlet Bali yang sekarang ini berjumlah 242 orang adalah atlet yang berhak tampil di PON 2021. Jika ini di utak-atik lagi, jelas akan jadi preseden buruk bagi atlet yang susah payah melewati tahapan PON.

BACA JUGA:  Tarung Derajat Bali Mendulang Empat Medali Emas PON XX Papua

“Sejatinya atlet itu taat aturan. Buktinya lolos ke PON dan mengikuti semua regulasi. Pemicunya, karena PON diundur saja, hingga ada beberapa atlet merasa was-was,” kata Pande Purwata. (yaw)