PWI dan IKWI Bali Bagikan Masker Gratis untuk Pedagang dan Pengunjung Pasar Cokro, Denpasar

PWI Bali dipimpin Ketuanya IGMB Dwikora Putra saat membagi-bagikan masker gratis kepada para pedagang dan pengunjung Pasar Cokro, Denpasar, Jumat (24/4/2020).

Beritabalionline.com – Bentuk kepedulian akan dampak pandemi Covid-19, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI)  Provinsi Bali menggelar aksi sosial dengan membagikan ribuan masker kepada masyarakat di beberapa lokasi seperti di seputaran  Jalan Maruti dan Pasar Cokro, Denpasar, Jumat (24/4/2020).

Ketua PWI  Bali I GMB Dwikora Putra  mengatakan, dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 diperlukan peran serta semua pihak melanjutkan dengan penuh disiplin untuk menggunakan masker di tempat terbuka, karena penggunaan masker memiliki dua fungsi yakni bagi yang sakit (batuk dan flu) maka percikan/droplet akan tertahan oleh masker yang menyebabkan percikan itu tidak akan keluar dan mengenai orang lain. Sedangkan penggunaan masker bagi yang sehat maka akan terhindar (terutama pada wajah bagian hidung, mulut dan mata) dari percikan  orang lain.

“Langkah kecil yang dilakukan anggota PWI Provinsi Bali dan IKWI ini sebagai bentuk kepedulian atas kondisi yang terjadi. Saya hargai kekompakkan teman-teman, meskipun kondisi sulit tapi masih memiliki kepedulian terhadap sesama. Masker yang dibagikan kali ini merupakan  swadaya anggota PWI dengan cara mengumpulkan dana yang kemudian dibelikan masker,” ujar Dwikora yang juga Pemimpin Redaksi Harian Warta Bali.

Selanjutnya Dwikora menjelaskan secara singkat beberapa aturan mengenai penggunaan masker yang harus diketahui oleh masyarakat. Diingatkan sebelum menggunakan masker, alangkah baiknya mencuci tangan dengan air bersih mengalir serta sabun dan gunakan masker hingga menutupi mulut dan hidung.

“Harapan kita, langkah awal ini tidak hanya berhenti sampai di sini, tapi bisa berkelanjutan. Siapa tahu ada pihak-pihak lain yang berempati menggandeng PWI untuk menyalurkan bantuan bagi masyarakat yang membutuhkan,” tandasnya.

BACA JUGA:  Sembuh dari Covid-19, Warga Padangsambian Kaja Dipulangkan ke Rumah

Sementara Koordinator Aksi Sosial Covid-19 PWI Provinsi Bali, DM Suta Sastradhinata mengatakan bahwa masker yang dibagikan itu bukanlah masker medis atau masker N95, namun masker yang terbuat dari kain yang dibeli dari uang hasil urunan pengurus PWI Bali.

Ditambahkan Dewa Sastra, PWI mendorong peran aktif masyarakat sesuai imbauan pemerintah agar masyarakat melakukan physical distancing dan sosial distancing, selain penggunaan masker.

“Yang terpenting bagaimana kita berperan aktif mendorong masyarakat untuk tetap menggunakan masker, mengikuti aturan dan himbauan pemerintau dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19,” tutup Pemimpin Redaksi Koran Metro dan Berita Bali Online (BBO) ini. (rsl)