Rai Mantra Ingatkan Masyarakat Gunakan Masker saat Keluar Rumah

Wali Kota Rai Mantra gunakan masker.

Beritabalionline.com – Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra mengajak masyarakat menggunakan masker saat keluar rumah,  tetap di rumah jika tidak ada kepentingan mendesak, serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS)  guna memutus mata rantai penularan COVID-19.

“Kami menggandeng pemangku kepentingan dalam mengoptimalisasikan gerakan memakai masker bagi masyarakat. Seperti halnya melakukan sosialisasi melalui sosial media. Bahkan melalui K3S Kota Denpasar yang dikooordinir Selly Mantra melakukan gerakan 10.000 masker,” katanya di Denpasar, Kamis (23/4/2020).

Gerakan tersebut dengan menggalang bantuan dari perusahaan swasta melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) mengumpulkan masker dan menyalurkan kepada masyarakat yang rentan penularan COVID-19, seperti pedagang di pasar tradisional dan tukang parkir.

“Untuk memutus rantai penyebaran virus COVID-19, maka perlunya semua pihak melanjutkan dengan penuh disiplin untuk menggunakan masker di tempat terbuka, karena penggunaan masker memiliki dua fungsi yakni bagi yang sakit (batuk dan flu, red.) maka percikan/droplet akan tertahan oleh masker yang menyebabkan percikan itu tidak akan keluar dan mengenai orang lain. Sedangkan penggunaan masker bagi yang sehat maka akan terhindar (terutama pada wajah bagian hidung, mulut, dan mata, red.) dari percikan orang lain,” katanya.

Wali Kota Rai Mantra didampingi Kabag Humas dan Protokol Pemkot Denpasar yang juga Jubir Satgas Covid-19 Kota Denpasar, Dewa Gede Rai, mengatakan masker yang dianjurkan digunakan masyarakat tidak perlu masker medis atau masker N-95. Namun cukup masker yang terbuat dari kain. (tra)

BACA JUGA:  Delapan Orang Terjaring Operasi Prokes di Desa Pemogan