Cegah Rutan Over Capacity, Polresta Denpasar akan Kirim Tahanan Titipan Kejaksaan ke LP Kerobokan

Kapolresta Denpasar saat bertemu Kalapas Kerobokan. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Pelaku kejahatan yang berkas kasusnya dinyatakan sudah lengkap (P21) oleh jaksa dan sudah siap menjalani persidangan saat ini masih dititip di kantor polisi, termasuk di Polresta Denpasar.

Melihat kondisi sel Rumah Tahanan (Rutan) tidak memungkinkan, Kapolresta Denpasar berancang-ancang akan mengirim para tahanan titipan Kejaksaan ke LP Kerobokan, Denpasar.

“Saya sudah membicarakan hal ini dengan Kalapas Kerobokan, bahwa tahanan titipan jaksa yang siap menjalani sidang akan kita bawa ke LP Kerobokan,” kata Kapolresta, Kamis (23/4/2020) di Denpasar.

Menurutnya, pemindahan tahanan titipan jaksa dilakukan guna mencegah over capacity (kelebihan hunian) di sel Rutan Polresta Denpasar. Apalagi saat ini ada 35 orang tahanan titipan.

Ditambahkan, meski ada imbauan dari Mabes Polri agar selektif dalam melakukan penahanan di tengah merebaknya virus Corona, bukan berarti polisi akan membiarkan pelaku kejahatan melakukan aksinya.

“Penegakkan hukum harus tetap jalan, kalau memang penyidik melihat, menimbang dan patut orang tersebut ditahan, ya ditahan,” jelasnya.

“Ini salah satunya kenapa tahanan titipan kita kirim ke LP Kerobokan, ya untuk menjaga agar sel Rutan tidak kelebihan hunian,” terang Kapolresta.

Mantan Wakil Direktur Reskrimsus Polda Papua Barat ini menambahkan, dalam pertemuan dengan Kalapas Kerobokan Yulius Sahruzah disepakati akan menemui Kajari Denpasar dan Ketua PN Denpasar guna membahas hal ini. (agw)

BACA JUGA:  Diduga Catut Nama Dosen UI, Owner IndoTrader Dipolisikan