Turis Asing di Bali Tak Patuhi Imbauan Penggunaan Masker, Dewa Indra Sebut Kewenangan Polisi Tertibkan WNA yang Bandel

Petugas kepolisian membagikan masker kepada turis asing di jalan. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Sejumlah wisatawan asing yang tengah berhenti di lampu merah Jalan Sunset Road, Kuta, Bali, didatangi oleh petugas kepolisian dari Polresta Denpasar.

Kedatangan petugas untuk memberikan brosur imbauan kepada wisatawan asing agar waspada terhadap penyebaran virus Corona atau Covid-19.

“Kita imbau agar mereka selalu menjaga jarak satu dengan yang lain, serta kita berikan masker jika mereka tidak memakai masker,” terang Wakasat Lantas Polresta Denpasar Iptu Kanisius Franata, Rabu (15/4/2020) di Denpasar.

“Hal ini untuk mencegah penyebaran virus Corona,” sambung Kasatgas 1 Preemtif dalam Operasi Keselamatan Agung 2020 ini.

Iptu Kanisius mengatakan, selain memberikan brosur imbauan dan makser, pihaknya juga membagikan hand sanitizer kepada masyarakat pengguna jalan.

Selain mendatangi satu persatu pengguna jalan, petugas juga memberikan imbauan dengan menggunakan alat pengeras suara.

“Intinya, tujuan kegiatan adalah untuk memberikan pemahaman dan imbauan secara garis besar tentang Covid 19, termasuk pola penyebaran dan upaya mencegah penyebarannya,” ucapnya.

Sebelumnya Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali Dewa Made Indra menjawab pertanyaan wartawan terkait pemulangan warga negara asing yang masih ada di Bali,  Selasa (14/4/2020), mengatakan bahwa Pemprov Bali tidak bisa melakukan hal tersebut, karena dalam regulasi hal tersebut tidak diatur.

“Jadi terkait WNA yang masih bandel tidak mengindahkan aturan maka menjadi kewenangan desa adat bekerja sama dengan Babinsa dan kepolisian setempat untuk menegaskan hal tersebut,” ujarnya.

Dengan masih adanya kasus baru Covid-19 di Bali, Dewa Indra mengingatkan bahwa untuk memutus rantai penyebaran virus corona perlunya semua pihak melanjutkan dengan penuh disiplin untuk menggunakan masker di tempat terbuka, karena penggunaan masker memiliki dua fungsi. (agw)

BACA JUGA:  Kerap Dijadikan Ajang Balap Liar, Polisi Sisir Jalan Protokol di Denpasar