Gotong Royong Cegah COVID-19, Alumni SMANSA 94 Singaraja Berbagi APD dan Sembako

Aksi sosial Keluarga Besar Ikatan Alumni SMANSA 94 Singaraja untuk warga yang terdampak pandemi Covid-19. (Foto : Ist)

Beritabalionline.com – Nampaknya gayung bersambut bahwa ajakan Pemerintah menggelorakan spirit gotong royong dalam rangka meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi virus Corona atau COVID-19,  mendapat sambutan positif dari berbagai elemen masyarakat.

Setidaknya rasa kepedulian itu ditunjukkan oleh Keluarga Besar Ikatan Alumni SMANSA 94 Singaraja yang telah melaksanakan kegiatan sosial dengan memberikan bantuan berupa Alat Perlindungan Diri (APD) kepada RSUD Buleleng dan pemberian sembako kepada warga kota Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali, pada Senin dan Selasa, (13-14/4/2020).

Ketua Alumni Smansa Angkatan 94 Singaraja, I Ketut Wuguna yang ditemui di sela-sela kesibukannya menggelar aksi sosial mengatakan, bantuan tersebut diberikan di tengah merebaknya pandemi COVID-19 yang berdampak pada melemahnya perekonomian masyarakat, baik yang ada di perkotaan maupun di pedesaan.

“Menyikapi kondisi yang memprihatinkan ini kami Ikatan alumni SMANSA Singaraja Angkatan 94 merasa terpanggil untuk turut hadir dengan semangat berbagi, guna dapat berpartisipasi meringankan beban sebagian masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 ini,” ujar Wiguna.

Dikatakan, bentuk partisipasi yang dilakukannya ini menyasar berbagai lapisaan masyarakat seperti para tenaga kebersihan kota, tukang parkir, dan ojek online (Ojol). Sementara untuk kegiatan serupa yakni berbagi APD dan sembako juga akan dilaksanakan di Denpasar dan sekitarnya yang rencananya berlangsung pada bulan Mei nanti.

Selanjutnya Wiguna menyerukan dan mengajak segenap anggota alumni yang keberadaannya tersebar di berbagai daerah, baik alumni yang berada di Bali maupun luar Bali seperti Jabodetabek, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, bahkan yang ada di luar negeri seperti Belgia, dan negara lainnya, untuk ikut tergerak dan berpartisipasi.

“Kami mengimbau kepada keluarga besar Alumni Smansa Angkatan 94 Singajara di mana saja berada untuk peduli dan tergerak memberikan donasi serta memuliakan spirit berbagi kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan,” harapnya.

Adapun donasi yang diberikan bisa berupa bantuan Alat Perlindungan Diri (APD) berupa masker N95 dan hand sanitizer kepada para pejuang kesehatan di RSUD Buleleng, yang menjadi garda terdepan dalam penanggulangan pandemi COVID-19 di Buleleng.

Terkait penyaluran bantuan, lanjut Wiguna, pihaknya telah membentuk tim yang bertugas langsung di lapangan. Sebelumnya pihaknya juga telah melakukan aksi sosial kepada salah satu PDP dan ODP COVID-19 yang saat ini sudah dinyatakan negatif.

“Jadi, niat kami ingin berbagi kepada mereka yang membutuhkan. Semoga apa yang kami berikan bisa bermanfaat,” imbuhnya.

Pada bagian lain Ketut Wiguna juga mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan berbagi ini sebagai bagian dari wujud kesetiakawanan sosial yang perlu terus dijaga, ditumbuhkembangkan terutama dalam kondisi krisis seperti saat ini.

Melalui kegiatan ini diharapkan akan semakin banyak komponen masyarakat yang tergerak dan bersama-sama bergandengan tangan meringankan beban warga masyarakat yang terdampak langsung oleh pandemi COVID-19.

“Mengingat dampak pandemi ini akan berlangsung dalam waktu yang cukup lama, maka ke depannya tentu  diperlukan lagi kegiatan-kegiatan sosial lainnya secara kongkrit,” pungkas Wiguna. (tra)