Pacar dan Keluarga Terpapar Covid-19 di Klungkung

Rapid test di GOR Swecapura. (foto: ist)

Beritabalionline.com – Penyebaran virus corona (Covid-19) patut terus diwaspadai. Disiplin warga mengikuti imbauan pemerintah jadi pertaruhan dalam mencegah penyebaran pandemi virus corona (Copid-19).

Sebab, penyebaran Covid-19 di keluarga juga rentan terjadi. Di Klungkung, salah seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kecamatan Dawan yang sudah dinyatakan positif menghidap Covid-19, menularkan kepada dua keluarganya serta pacarnya.

Itu diketahui petugas setelah diadakan rapid tes di Gor Swecapura, Gelgel, Selasa (14/4/2020). Sebanyak 117 peserta rapid tes, enam orang dinyatakan positif. Mereka yang positif ini sudah diambil swabnya dan langsung dikirim ke Denpasar guna menjalani isolasi di Denpasar.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 di Klungkung I Nyoman Suwirta yang juga bupati Klungkung dikonfirmasi membenarkan dari hasil rapid tes ada enam orang dinyatakan psotif.

“Selanjutnya sudah diambil swabnya dan orangnya dikirim ke Denpasar. Dari enam yang positif itu, tiga diantaranya tertular dari seorang PMI yakni dua keluarganya dan satu pacarnya,” ungkap Suwirta. Sisanya, tiga orang lainnya merupakan anak buah kapal (ABK).

Suwirta juga menyatakan bagi PMI yang baru datang dari luar negeri akan langsung dilakukan rapid tes dan setelah itu akan menjalani karantina terpusat. Pemkab Klungkung sudah menyiapkan beberapa lokasi untuk karantina terpusat bagi PMI.

Tempt itu, Kantor Dinas Pertanian untuk PMI laki-laki, Puskesmas Banjarangkan II untuk PMI perempuan, salah satu rumah sakit di wilayah Lepang dan SKB Banjarangkan. “ Jika masih kurang, hotel pun akan kami manfaatkan,” ujar Suwirta.

Terkait PMI yang sudah menjalani karantina mandiri, Suwirta menegaskan mereka tetap harus disiplin menjalani karantina mandiri. “ Kalau yang sudah disiplin kami minta agar melanjutkan karantina mandiri, jika tidak disiplin akan kami ambil,” tegas Suwirta.

BACA JUGA:  Update Corona 3 Juli di Kota Denpasar: Pasien Sembuh Bertambah 21 Orang, Positif 33 Orang

Hingga Senin (13/4), pasien positif Covid 19 di Kabupaten Klungkung sebanyak 6 orang, satu orang diantaranya sudah sembuh. Pasien mengarah psitif (hasil rapid tes) sebanyak enam orang. Pasien dalam perawatan (PDP) sebanyak 5 orang. (huk)