Pasien Sembuh dari Virus Corona di Indonesia Bertambah 30 Orang, Total Jadi 252 Orang

Juru Bicara Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto.

Beritabalionline.com – Dalam hitungan hari, virus Corona atau Covid-19 menyebar ke beberapa wilayah di Indonesia. Jumlah kasus pasien positif Corona terus bertambah setiap harinya. Namun, harapan menjinakkan virus yang dapat mematikan ini datang seiring semakin banyak pasien yang dinyatakan sembuh.

Pemerintah kembali mengumumkan tambahan pasien yang sembuh corona dari Corona. Jumlah pasien sembuh bertambah 30 orang. Sehingga total pasien sembuh hingga Kamis (9/4/2020) total menjadi 252 orang, kata  Juru Bicara Pemerintah Penanganan Virus Corona atau Covid-19, Achmad Yurianto.

Dikatakan, sebelumnya (Rabu, 8/4/2020), jumlah angka kesembuhan kasus virus Corona mengalami kenaikan. Bertambah 18 pasien baru sembuh, sehingga total menjadi 222 kasus pasien sembuh dari Corona.

Sementara itu, pemerintah telah menerima dana Rp193 miliar untuk menangani Corona Virus Disease (Covid-19). Sumbangan dikumpulkan dari urunan masyarakat di dalam negeri dan WNI di luar negeri.

“Kita semua bersyukur bahwa hari ini sudah terhimpun lebih dari Rp 193 miliar yang merupakan donasi dari semua kelompok masyarakat bahkan dari seluruh dunia,” kata Yurianto di Gedung BNPB.

Yurianto menyatakan keseriusan pemerintah dalam mengatasi Covid-19. Pemerintah sejauh ini telah lebih meneliti 16.000 spesimen dengan metode tes polymerase chain reaction (PCR). Juga menyiapkan 300 Rumah Sakit rujukan Covid-19.

“Diawaki oleh lebih dari 35.000 dokter dan 42.000 tempat tidur. Lebih dari 700.000 Alat Pelindung Diri (APD) sudah diadakan, dan sudah didistribusikan. Sementara stok yang kita miliki untuk didistribusikan lebih dari 300.000 unit APD,” ucap dia.

Sementara itu, Yurianto menjelaskan, pemerintah juga menyiapkan pelbagai langkah perlindungan sosial dan stimulus ekonomi untuk menghadapi Covid-19.

“Nilainya lebih dari Rp405 triliun. Termasuk untuk perlindungan sosial dan berbagai keringanan biaya rumah tangga, dan keringanan iuran air listrik,” ungkapnya. (itn)

BACA JUGA:  Kapal Laut Tabrakan di Perairan Gresik, 8 ABK Dinyatakan Hilang