Putu Wira Jatuh dari Atas Tebing saat Cari Tanaman Bonsai

Tim Basarnas Bali mengevakuasi korban yang jatuh dari atas tebing. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Seorang pria bernama Putu Wira Subagia (43) dievakuasi oleh tim Basarnas Bali setelah terjatuh dari atas tebing setinggi 7 meter di Desa Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

“Korban terjatuh dalam posisi duduk dan itu berbahaya jika mengalami cidera tulang belakang,” kata Kepala Kantor Basarnas Bali, Gede Darmada, Selasa (7/4/2020) di Denpasar.

Dari keterangan korban, sebelumnya ia mencari tanaman bonsai, Selasa (7/4/2020) sekitar pukul 11.00 WITA. Tiba-tiba ia terpeleset dari bibir tebing dan jatuh ke jurang.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) yang menerima laporan dari warga setempat mengerahkan 5 orang personel ke lokasi.

Di sana petugas Basarnas menemukan korban masih dalam keadaan sadar. Korban masih bisa diajak berkomunikasi dan sempat berkata bahwa motor miliknya masih terparkir di Pura Tegeh Sari, sementara posisi kejadiannya sekitar 50 meter dari tempat tersebut.

Kendati demikian, warga Jalan Imam Bonjol, Gang Air Ancur, Denpasar Barat ini diduga mengalami cidera serius.

“Korban hanya duduk dan tidak bisa berdiri, dengan hati-hati korban dipindahkan ke tandu dan dievakuasi menuju ambulance,” jelas Darmada.

Dikatakan, penanganan untuk korban yang mengalami patah tulang atau cidera tulang belakang memerlukan teknik pemindahan khusus dengan gunakan tandu spinal, agar tidak memperparah bangian yang cidera.

“Proses evakuasi turut melibatkan personel dari Damkar, masyarakat setempat serta keluarga korban. Selanjutnya korban dibawa menuju RSUD Wangaya untuk mendapatkan penanganan medis,” terang Darmada. (agw)

BACA JUGA:  Pelanggan Keluhkan Kelangkaan Pasokan Air PDAM Klungkung