Karangasem Perpanjang Kepesertaan JKN-KIS Hingga 7 Bulan Kedepan

Ilustrasi.

Beritabalionline.com – Di tengah merebaknya pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Karangasem memperpanjang program jaminan kesehatan semesta atau Universal Health Coverage (UHC).

Kepesertaan tersebut harusnya berakhir pada 31 Maret 2020, namun dengan berbagai usaha akhirnya Pemda dapat memperpanjang kepesertaan tersebut hingga 31 Oktober 2020. Itu artinya masyarakat Karangasem masih dapat menikmati jaminan dari JKN-KIS hingga 7 bulan kedepan secara gratis.

Hal ini disampaikan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Klungkung, Endang Triana Simanjuntak Senin (6/4/2020). Pihaknya mengapresiasi perpanjangan kepesertaan JKN-KIS ini. Lewat pesan Whatssap, Endang menyampaikan, BPJS Kesehatan sangat mengapresiasi keberlangsungan Program UHC di Kabupaten karangasem. “Pemda Karangasem tidak main-main urusan kesehatan warganya yang memang menjadi salah satu kebutuhan utama,” ujarnya.

Ucapan Terima kasih kepada Pemda Karangasem atas komitmen yg luar biasa hebat terkait dengan kepastian memberi jaminan kesehatan kepada seluruh masyarakatnya ini pun disampaikan Endang. “Menyisihkan anggaran yg sangat besar di tengah-tengah wabah Corona ini bukanlah sesuatu hal yg mudah. Tetapi Pemda Karangasem berhasil mewujudkannya dengan kerja keras dan pengorbanan yang luar biasa demi masyarakat Karangasem, warga Karangasem patut berbangga dan bersyukur,” ujar Endang.

Endang pun menyampaikan kembali komitmennya yang selama ini telah ia jalankan bersama-sama dengan Pemda Karangasem. Komitmen tersebut adalah mengenai pemberian pelayanan yang berkualitas dan maksimal kepada warga Karangasem melalui JKN-KIS sebagaimana yang telah tertuang dalam ketentuan perundang-undangan yang berlaku,.

“Kami siap melanjutkan komitmen dan kerja sama yang baik dengan Pemda Karangasem untuk memberikan pelayanan yang terbaik agar masyarakat dapat memiliki jaminan kesehatan yang berkualitas sesuai dengan apa yang diamanatkan oleh peraturan perundang-undangan,” lanjut Endang.

Pemda Karangasem melalui Kepala Dinas Sosial Kabupaten Karangasem, I Gede Basma, menyampaikan kegembiraannya pasca diperpanjangnya kepesertaan UHC JKN-KIS Kabupaten karangasem ini, perpanjangan selama 7 bulan ini tentu akan banyak tugas yang harus dilakukan, ia dan Dinas terkait lainnya yaitu Dinas Kesehatan, Dukcapil dan unsur keuangan akan bekerja semaksimal mungkin karena program ini sangat penting untuk masyarakat khususnya di Karangasem.

BACA JUGA:  Hendak Nyeberang Jalan, Pedagang Ditabrak Pengendara Motor

“Masyarakat tidak perlu lagi risau terkait kepesertaan JKN-KIS ini karena Pemda sudah berhasil menemukan solusi dengan diperpanjangnya kepesertaan tersebut, selanjutnya kami akan lebih selektif dalam mekanisme pendaftaran peserta ini agar sesuai peruntukannya. Selama 7 bulan kedepan kami juga akan terus mencari solusi agar nantinya kepesertaan JKN-KIS dapat berkesinambungan,” jelas Basma. (huk)