Darmini-Suastika Bantu APD Posko Terpadu Covid-19 di 8 Desa

Kepedulian anggota DPRD Provinsi Bali dan anggota DPRD Karangasem dari Fraksi PDIP itu, ditunjukkan dengan membantu APD kepada garda pertama pencegahan Virus Covid-19 yang ada di desa. (foto:ist)

Beritabalionline.com – Kepedulian terhadap para relawan “perang” penyebaran virus corona mulai bertumbuhan di Karangasem. Beberapa komunitas sosial juga sudah mulai bergerak untuk membantu alat pelindung diri (APD) paramedis dan tim medis RSUD Karangasem yang sedang mengalami kekurangan masker.

Empati juga datang dari Ni Kadek Darmini dan I Wayan Suastika. Kepedulian anggota DPRD Provinsi Bali dan anggota DPRD Karangasem dari Fraksi PDIP itu, ditunjukkan dengan membantu APD kepada garda pertama pencegahan Virus Covid-19 yang ada di desa.

Misi kemanusiaan itu dilakukan, Sabtu (4/4) lalu, dengan menyisihkan sedikit gaji sebagai anggota dewan. Langkah pertamanya, pasangan suami istri ini berusaha untuk membantu Posko Terpadu Covid 19 untuk 8 desa di Kecamatan Selat, Karangasem.

Di konfirmasi Minggu (5/4/2020) Darmini, menegaskan Posko Terpadu Covid-19 di tingkat desa, merupakan garda pertama dalam memberikan informasi terkait kondisi masyarakat akan ancaman virus mematikan itu.

“Sebagai garda pertama dalam pencegahan corona, petugas posko wajib dibekali APD dan fasilitas yang memadai karena langsung bersentuhan dengan warga yang terdampak atau tidak terdampak virus Covid-19,” ucap Darmini.

Senada dengan Darmini, I Wayan Suastika menambahkan, bahwa bantuan APD yang digelontorkan itu, tak sebanding dengan upaya keras yang dilakukan garda pertama penceghan Covid-19, dimulai dari rutinitas mensosialisasikan anjuran dan istruksi pemerintah dalam menghadap penyebaran Virus Corona.

Hingga mengawal lalu lalang masyarakat luar desa yang masuk wilayah desa masing-masing.Menurut Suastika, Satgas Terpadu Covid-19 di tingkat desa, wajib menggunakan APD dan fasilitias lainnya, karena mereka bersentuhan langsung dengan masyarakat. “Petugas Posko juga manusia biasa , mereka punya keluarga dan ingin hidup, meski pun harus bertaruh nyawa ketika ada warganya yang terpapar dan diisolasi secara mandiri,” imbuh Suastika.

BACA JUGA:  Aksi Kebersihan Manggrove Komunitas Sungai Watch Diapresiasi Wali Kota Denpasar

Sementara itu, Perbekel Duda Timur, I Gede Pawana dan 7 Perbekel lainnya yang mendapatkan bantuan APD tersebut menyampaikan terimakasih atas kepedulian dua wakilnya yang kini duduk menjadi anggota DPRD Bali dan anggota DPRD Karangasem itu. Mereka meyakini apa yang dilakukan Darmini dan Suastika bukan lagi untuk mencari panggung politik, karena kegiatan yang sama sudah terbiasa dilakukan jauh-jauh sebelumnya, seperti halnya mengupayakan warga bisa mendapatkan air bersih dengan sistem pompa.

“Saat ini kita semua berada dalam situasi yang sulit di tengah hancaman Virus Covid-19, tapi kami patut berterima kasih. Para wakil kami di DPRD begitu responsif. Beliau bisa menyisihkan sedikit gajinya sebagai anggota Dewan untuk membeli APD demi keselamatan para petugas garda pertama pencegahan Covid-19 di tingkat desa. Sekali lagi kami sangat berterima kasih dan salut atas empati yang diberikan ini,” ucap Pawana. (huk)