Ratusan ABK WNI dari Spanyol Tiba di Bali, Hasil Rapid Test Negatif

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Beritabalionline.com – Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV Elfi Amir mengatakan, 274 Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Spanyol tiba Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Kamis (2/4/2020).

Ratusan WNI tersebut merupakan pekerja di kapal pesiar. Mereka terbang ke Bali menggunakan pesawat charter Air Europa dari Madrid, Spanyol. “Untuk ABK atau PMI yang sudah mendapatkan clearance dari KKP tetap disarankan untuk melaksanakan self-quarantine selama 14 hari,” kata Elfi kepada wartawan, Kamis (2/4/2020).

Dia mengatakan, pesawat mendarat di Bali sekitar pukul 09.33 WITA. Kemudian, para penumpangnya memasuki area kedatangan internasional dan di area itu dilakukan pemeriksaan suhu tubuh, pendataan dan wawancara, rapid test dan proses imigrasi, hingga pemeriksaan bea dan cukai.

Pemeriksaan dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan Satgas Covid-19 Bali. “Pukul 09.43 WITA, para ABK memasuki area kedatangan Internasional dan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dengan thermo scanner, wawancara, dan rapid test,” ungkapnya.

Sementara Made Rentin selaku sekretaris Penanggulangan Covid-19 Provinsi Bali menyatakan bahwa untuk rapid test 274 ABK itu menunjukkan hasil negatif. Hal itu, setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan dan rapid test, semua PMI dinyatakan negatif sehingga tidak dilakukan karantina oleh Pemerintah Provinsi Bali.

“Untuk laporan dari proses rapid test di kedatangan Internasional Ngurah Rai semua dinyatakan negatif. Sehingga tidak dikarantina,” demikian rentin. (itn)

 

BACA JUGA:  Pemkot Usulkan Ranperda APBD 2021 dan Penyertaan Modal Daerah Perumda Air Minum TSD