Hingga Hari ini, Donasi Penanganan Covid-19 Diterima Pemerintah Capai Rp72,2 Miliar

Juru Bicara Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto.

Beritabalionline.com – Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, saat ini telah terkumpul dana hingga puluhan miliar rupiah untuk memerangi Covid-19. Menurut dia, dana yang terkumpul per hari ini Rp72,2 miliar.

“Kita patut disyukuri bahwa pada hari ini sudah mencapai lebih dari Rp 72,2 miliar. Kemudian, tadi sudah disampaikan banyak sekali relawan, yang telah kemudian bekerja bersama kita. salah satunya adalah tenaga kesehatan yang berada di daerah, yang telah bersedia membantu penyelidikan epidemiologi dengan melakukan kegiatan tracing, penelusuran kasus, dan telah berhasil mengumpulkan lebih dari 7.193 spesimen,” kata Yurianto di gedung BNPB, Jakarta Timur, Kamis (2/4/2020).

Yurianto menambahkan, pemerintah juga telah mendistribusikan Alat Pelindung Diri (APD) ke berbagai daerah termasuk DKI Jakarta. Dia mengatakan, DKI telah mendapatkan distribusi sebanyak 85.000 APD.

“Yang pertama terkait dengan kebutuhan APD. DKI telah mendapatkan distribusi sebanyak 85.000. Jadi saya ulangi lagi, DKI sudah kita distribusikan sebanyak 85.000 APD yang kita kirimkan pada tanggal 23 Maret dan tanggal 31 Maret kemarin. Kemudian Jawa Barat 55.000, Jawa Tengah 20.000, Jawa Timur 25.000, DIY 10.000, Bali 12.500, Banten 10.000, kemudian provinsi yang lain di luar Jawa Bali ini sudah kita distribusikam sampai dengan rata-rata 5.000, pada dua kali distribusi,” ujar dia.

Dengan telah didistribusikan ini, Yurianto meminta kepada seluruh rumah sakit berkoordinasi dengan dinas kesehatan provinsi.

“Kita akan meminta rumah sakit rumah sakit yang berada pada wilayah provinsi tersebut, untuk bisa menghubungi Dinas Kesehatan Provinsi. Karena titik-titik distribusi kami ada di Dinas Kesehatan Provinsi. Ini akan terus kami lakukan sejalan dengan kebutuhan yang terus ada dan kemampuan produksi yang sudah bisa kita akumulasikan,” kata dia. (tra)

BACA JUGA:  Basarnas Bali Kerahkan Personel Evakuasi Penumpang KMP Yunicee