Anggota Komisi X DPR Minta PON 2020 Ditunda

Pemerintah diminta untuk menunda perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2020.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Illiza Sa’aduddin Djamal, mendesak pemerintah untuk menunda Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua. Menurutnya, para atlet tak akan mencapai prestasi maksimal karena masa persiapan yang tak optimal.

Menurut Illiza, dalam keadaan darurat kesehatan akibat pandemi global virus corona ini, kegiatan olahraga yang menghadirkan banyak orang harusnya ditunda. Bahkan, ajang sebesar Olimpiade Tokyo 2020 pun mengubah jadwal penyelenggaraannya.

“Begitu juga event kejuaran pada bidang-bidang olahraga tertentu seperti bulutangkis, sepak bola dan lainnya,” ujar Illiza dalam keterangan resminya.

Anggota DPR dari Fraksi PPP ini menilai, penundaan PON XX juga perlu dilakukan agar perhatian pemerintah pusat dan daerah fokus dalam menangani wabah virus corona. Apalagi saat ini kasus pasien positif terus bertambah setiap harinya.

Selain itu, anggaran yang sebelumnya diperuntukkan untuk PON juga bisa dialihkan sementara dalam upaya memerangi wabah virus corona.

Wacana untuk menunda PON Papua 2020 sebenarnya sudah dimunculkan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Dia mengatakan, PON XX kemungkinan besar ditunda jika virus corona masih merajalela. Namun, hingga saat ini, penyelenggaraan PON masih sesuai dengan jadwal. (tmp)

BACA JUGA:  IB Toni Astawa Kembali Nakhodai KONI Kota Denpasar