DPRD Tabanan Gelar Rapat Paripurna Lewat Teleconference

Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga saat memimpin paripurna pengantar LKPJ Bupati 2019 via teleconference.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Mengatisipasi meluasnya penyebaran Corona Virus Disease (Covid -19),  DPRD Tabanan menggelar rapat  paripurna pidato pengantar LKPJ Bupati 2019 melalui teleconference menggunakan aplikasi zoom cloud meeting, yang dipandu oleh Tabanan Command Center (TCC) di bawah naungan Dinas Komunikasi dan Informatika Tabanan, Selasa (31/3/2020) .

 “Upaya ini  ditempuh sebagai bentuk pencegahan penyebaran pandemic Covid 19,” kata Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga.

Dijelaskan I Made Dirga bahwa acara pokok  rapat paripurna dewan hari ini adalah penyampaian pidato Pengantar Bupati terhadap LKPJ Bupati Tabanan akhir tahun anggaran 2019. Yang juga disampaikan pada rapat paripurna secara Teleconference.

Sebagaimana diamanatkan dalam ketentuan pasal 19 ayat (1) peraturan pemerintah  nomor 13 tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah,  bahwa  paling  lambat 3 (tiga) bulan setelah tahun anggaran berakhir, bupati menyampaikan LKPJ kepada DPRD dalam rapat paripurna yang dilaksanakan  satu  kali dalam satu tahun

Dikatakan I Made Dirga sebagaimana agenda dikarenakan ada beberapa agenda DPRD Tabanan yang tidak bisa di tunda maka rapat paripurna dilaksanakan secara telekonference.

Lebih lanjut Dirga menjelaskan alasan diselenggarakannya rapat paripurna ini karena memang dalam rangka memenuhi tugas dan fungsi DPRD, karena tugas Dewan harus mengedepankan kepentingan rakyat.

“Dalam rapat paripurna ini landasannya berdasarkan Tata Tertib (tatib) rapat diselenggarakan melalui teleconference mengingat kondisi yang terjadi saat ini. Fungsi DPR harus terus berjalan meski dalam kondisi darurat pandemi virus Covid-19,” imbuhnya.

Ditambahkan Dirga sebagai anggota DPRD bagaimanapun dewan harus berkomitmen untuk mengutamakan kepentingan-kepentingan rakyat sehingga perjalanan pemerintah tetap berjalan.

BACA JUGA:  BPJS Kesehatan Pastikan Layanan Peserta JKN-KIS saat Lebaran Tetap Prima

“Kami melihat agenda di tahun 2020 ini cukup panjang. Sehingga selama masih ada ruang dan waktu maka kami berharap DPRD untuk selalu bersama – sama pemerintah untuk mengelola menegement pemerintahan agar sesuai tahapan dan regulasi,” pungkasnya.

 

Sementara Bupati Eka dalam video conference tersebut mengawali sambutannya dengan mengucap syukur kehadapan Tuhan Yang Maha Esa karena masih diberi kesehatan dalam melaksanakan sidang di tengah pandemi covid-19 ini.

Bupati Eka melanjutkan sidang kali ini merupakan sidang yang membahas tentang kewajiban konstitusional Kepala Daerah kepada DPRD yang merupakan representasi dari masyarakat Tabanan.

“Berpedoman pada peraturan perundang-undangan, mengingat penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Tahun Anggara 2019  telah berakhir, selaku Kepala Daerah Saya berkewajiban untuk menyampaikan LKPJ akhir tahun anggaran 2019 kepada DPRD Kabupaten Tabanan melalui rapat paripurna,” ungkapnya.

Dengan tujuan untuk menyampaikan dinamika penyelenggaraan Pemerintah dan kinerja pembangunan yang telah dicapai selama tahun 2019. LKPJ Bupati tahun 2019 ini disusun berdasarkan rencana jangka panjang daerah (RPJPD) Kabupaten Tabanan tahun 2005-2025, RPJMD Semesta Berencana Kabupaten Tabanan tahun 2016-2021, dilengkapi dengan dokumen RKPD Kabupaten Tabanan Tahun 2019, KUA dan prioritas plafon anggaran.

Usai menyampaikan LKPJ, Bupati Eka mengajak seluruh pihak untuk berpikir dan memberikan solusi yang terbaik untuk Tabanan, Bali, dan Indonesia pada umumnya dalam melawan pandemic covid-19 ini. (knk)