Buntut Wabah Corona Belum Mereda, Penyelenggaraan PKB XLII/2020 Dibatalkan

Gubernur Bali I Wayan Koster.

Beritabalionline.com – Penyebaran wabah virus Corona (Covid-19) hingga akhir Maret 2020 belum juga mereda, bahkan jumlah pasien positif Covid-19 di Bali bertambah dari semula hanya 10 kasus kini menjadi 19 kasus. Kondisi ini membuat sejumlah kegiatan rutin tahunan di Bali yang semula sudah terjadual terpaksa dibatalkan.

Salah satu kegiatan rutin tahunan yang dimaksud adalah pelaksanaan Pesta Kesenian Bali (PKB). PKB XLII Tahun 2020 sudah diagendakan berlangsung 13 Juni hingga 11 Juli mendatang dengan tema “Atma Kerthi : Penyucian Jiwa Paripurna”.

Namun untuk tahun ini penyelenggaraan PKB ditiadakan. Demikian disampaikan Gubernur Bali I Wayan Koster dalam Surat Pemberitahuan Nomor : 430/3287/Sekret/DISBUD tertanggal 31 Maret 2020 kepada Bupati/Wali Kota se-Bali perihal Pemberitahuan Penyelenggaraan PKB XLII Tahun 2020 Ditiadakan, pada Selasa (31/3/2020). Hal itu didasarkan atas pertimbangan sebagai berikut;

Pertama, arahan dan kebijakan Presiden agar Pemerintah dan Pemerintah Daerah fokus dalam pencegahan dan penanganan Covid-19. Kedua, penyebaran Covid-19 di seluruh negara termasuk Indonesia semakin meningkat, hal ini telah disertai upaya serius seluruh negara untuk menanggulangi penyebaran pandemi Covid-19 dengan berbagai kebijakan.

Tiga, Pandemi Covid-19 belum bisa dipastikan kapan berakhirnya, sehingga secara psikologis kurang kondusif bagi masyarakat. Empat, PKB XLII Tahun 2020 yang rencana pelaksanaannya pada 13 Juni-11 Juli 2020, sangat dekat dari batas waktu Masa Tanggap Darurat Nasional dan penyebaran Covid-19 yakni 29 Mei 2020.

Lima, dengan kondisi tersebut, mengakibatkan segala persiapan PKB XLII Tahun 2020 tidak dapat dilaksanakan secara optimal. Keputusan ini diambil setelah Gubernur Bali mendapat masukan secara lisan dari bupati/wali kota se-Bali yang pada prinsipnya setuju untuk meniadakan penyelenggaraan PKB XLII tahun ini.

BACA JUGA:  Kajati Bali Sebut Kantor Kejari Denpasar yang Dulunya Seram Kini Berubah Nyaman

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, I Wayan “Kun” Adnyana  yang dikonfirmasi wartawan, di Denpasar, Selasa (31/3/2020) membenarkan bahwa PKB tahun ini ditiadakan.

Dikatakan Kun, tak hanya PKB yang ditiadakan atau diundur hingga tahun depan. Tapi juga agenda lain seperti pilkada serentak karena kondisi yang tidak memungkinkan akibat wabah COVID-19.

“Karena kan PKB juga butuh tahapan, proses penyiapan, jadi tidak bisa optimal dan ini juga harapan dari kabupaten/kota karena sudah menanyakan terus kemudian juga memberikan usulan terkait peniadaan ini,” jelasnya. (tra/agw)