Umat Menghaturkan Pejati, Ribuan Pinandita Suarakan Genta Serentak Usir Corona

Ketua PHDI Klungkung Putu Suarta.(foto: ist)

Beritabalionline.com – PHDI Kabupaten Klungkung mengeluarkan seruan mengajak umat Hindu di Kabupaten Klungkung menghaturkan banten pejati di sanggah (tempat suci) masing-masing, Senin (30/3/2020). Selain itu, PHDI juga menyerukan kepada semua pinandita/jro mangku untuk menyuarakan genta secara serentak mulai pukul 18.30 wita di rumah masing-masing.

Ketua PHDI Kabupaten Klungkung Putu Suarta, Minggu (29/3/2020) menyampaikan, seruan itu dalam rangka upaya niskala menekan wabah Virus Corona (Covid-19). “Tujuannya, suara genta itu membuat suasana hening, masyarakat tidak panik menyikapi wabah Virus Corona. Selain itu kami mengajak umat memohon kepada Ida Sanghyang Widi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa, agar musibah ini cepat purna (berlalu) dari muka bumi ini,” tandas Putu Suarta.

Suarta mengaku yakin semua umat sudah melakukan upaya-upaya mencegah Virus Corona termasuk umat Hindu sudah melakukan upaya niskala. “Saya yakin umat Hindu pun sudah melakukannya, tapi secara serentak belum,” ujarnya. Terkait langkah niskala ini, Suarta menyatakan sudah mensosialisasikan kepada paiketan pinandita yang ada. “Ada ribuan pinandita akan menyuarakan genta secara serentak di rumah masing-masing. Semoga dengan upaya ini, kejadian ini (wabah Virus Corona) bisa cepat berlalu,” demikian Suarta. (huk)

BACA JUGA:  Putri Koster Dorong Kader PKK Akselerasi Vaksinasi Covid-19 untuk Difabel