Pemprov Bali Bentuk Satgas Gotong Royong Pencegahan Covid-19 Berbasis Desa Adat

Gubernur Bali I Wayan Koster. (Foto : Ist)

Beritabalionline.com – Desa adat mempunyai peranan sangat strategis dalam pencegahan penyebaran pandemik Covid-19. Sehingga Gubernur Bali I Wayan Koster menggandeng desa adat untuk melakukan pencegahan penyebaran virus Corona di Bali.

“Menetapkan pembentukan Satuan Tugas Gotong Royong Pencegahan Covid-19 Berbasis Desa Adat di Bali. Setiap desa adat di Bali agar segera membentuk Satgas Gotong Royong pencegahan Covid-19 berbasis desa,” demikian bunyi surat Keputusan Bersama yang ditandatangani Gubernur Bali Wayan Koster dan Bendesa Agung Majelis Desa Adat Provinsi Bali Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet.

Adapun tugas utama Satgas Gotong Royong di antaranya memberdayakan Krama Desa Adat dan Yowana untuk bergotong-royong sesama Krama Desa Adat dalam melakukan pencegahan COVID-19 di Desa Adat secara niskala dan sakala.

Menggunakan fasilitas Desa Adat/Desa sebagai Pos Koordinasi Satgas; dan mengkoordinasikan dan bersinergi dengan pihak-pihak terkait termasuk aparat keamanan di Desa Adat dalam upaya-upaya pencegahan COVID-19.

Tugas secara niskala, yakni nunas ica bersama pemangku di Pura Kahyangan Tiga Desa Adat dengan cara Nyejer Daksina sampai Covid-19 berakhir dan ada pemberitahuan lebih lanjut.

Memohon kepada Ida Bhatara Sasuhunan sesuai dengan Drestha Desa Adat setempat agar wabah COVID-19
segera berakhir demi keharmonisan alam, krama, dan budaya Bali.

Sedangkan tugas secara sekala adalah pencegahan Covid-19 dengan melaksanakan edukasi, sosialisasi dan pencegahan, pembinaan, dan pengawasan terkait dengan Covid-19.

“Mengarahkan Krama Desa Adat supaya tidak berkunjung ke tempat-tempat keramaian dan mengurangi kegiatan yang melibatkan banyak orang, mendata Krama Desa Adat dan/atau Krama Tamiu yang baru kembali dari bekerja di luar Bali atau luar negeri, yang termasuk kategori orang dalam pengawasan (ODP),” tutup Gubernur Koster. (agw)

BACA JUGA:  Wali Kota Rai Mantra Bagi-bagi Masker di Kelurahan Panjer