Gelar Rapat Online, Kejari Denpasar Siap Berikan Legal Opinion Terkait Pengadaan APD

Kejari Denpasar gelar Rapat Online terkait penanganan wabah Covid-19. (Foto : SAR)

Beritabalionline.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Denpasar melalui bidang Perdata dan Tata Usaha Negara memberikan sumbangsih dalam penanganan wabah Covid-19, yang termasuk dalam bencana non-alam.

Hal ini telah ditetapkan menjadi keadaan tertentu darurat bencana melalui Surat Keputusan Kepala BNPB No 9.A Tahun 2020 jo. SK Kepala BNPB Nomor 13.A Tahun 2020.

Hal ini terungkap ketika Kepala Kejaksaan Negeri Denpasar Luhur Istighfar didampingi Kasi Datun dan Kasubsi Pertimbangan Hukum melakukan rapat dengan Inspektur Kota Denpasar Ida Bagus Gde Sidharta dan Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Anak Agung Gede Risnawan.

“Rapat membahas langkah-langkah yang dilakukan dalam rangka pengadaan alat pelindung diri (APD) dan masker untuk para petugas medis di Kota Denpasar, sehingga menjamin keamanan bagi mereka yang bertugas di garda terdepan,” kata Kajari Denpasar, Senin (30/3/2020).

Luhur menerangkan, pihaknya akan segera menerbitkan Legal Opinion (LO) terkait hal tersebut sehingga dapat dijadikan pertimbangan Walikota Denpasar beserta jajaran dalam rangka bersama-sama bersinergi untuk menangani wabah Covid-19 di Kota Denpasar.

“Dasar hukum sudah jelas, silahkan teman-melaksanakan pengadaan APD dan masker sesuai dengan aturan yang ada, di antaranya Perpres Nomor 16 Tahun 2018 Pasal 59 telah mengatur mekanisme khusus untuk pengadaan barang/jasa dalam penanganan keadaan darurat,” ucapnya.

Menurut dia, pengaturan lebih lanjut dalam Peraturan LKPP Nomor 13 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa dalam Penanganan Keadaan Darurat.

“Akan tetapi perlu saya tegaskan agar semua pihak yang terlibat dalam pengadaan untuk tidak main-main atau mark up harga, dan Inspektorat tetap melakukan pengawasan dengan baik, juga tetap berkoordinasi dengan pihak terkait,” tegasnya. (itn)

BACA JUGA:  Buronan Polisi Ini Menjerat Korbannya dengan Mengaku sebagai Pengacara, Ini Modusnya