Bupati Mas Sumatri Putuskan Masa Belajar di Rumah Diperpanjang

Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri saat penyerahan bahan pembuatan desinfektan. (foto: ist)

Beritabalionline.com – Masa belajar di rumah untuk seluruh siswa di Karangasem diperpanjang hingga waktu yang belum di tentukan.

Hal ini diputuskan Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri setelah melalui berbagai pertimbangan. Hal ini dikatakan Bupati Mas Sumatri saat penyerahan bahan pembuatan disinfektan berupa pembersih lantai dan bahan-bahan lain yang telah direkomendasi dapat digunakan untuk mencegah penularan Covid-19.

Penyerahan ini dilakukan di Kantor Disdikpora Karangasem, Senin (30/3/2020), diserahkan kepada 278 lembaga PAUD/PNF, 362 SD dan 51 SMP di Kabupaten Karangasem.

Pada kesempatan tersebut Mas Sumatri mengatakan jika kebijakan memperpanjang masa belajar di rumah bagi seluruh siswa tersebut diambil dengan mempertimbangkan banyak hal, utamanya pencegahan penyebaran Covid-19. Selain kebijakan belajar di rumah, pihaknya melalui Disdikpora juga telah menginformasikan petunjuk teknis pelaksanaan ujian sekolah, kenaikan kelas, penentuan kelulusan, serta teknis Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) melalui surat edaran (SE) yang dikeluarkan oleh Kadisdikpora.

Dalam pidatonya, Bupati Mas Sumatri mengucapkan terimakasih pada semua pihak yang tengah membantu dalam situasi seperti sekarang utamanya dalam hal pendidikan. Ia juga sangat mengapresiasi atas usaha dan kerja keras yang telah dilakukan pada bidang pendidikan, utamanya dalam masa darurat Covid-19.

“Kabupaten Karangasem ditengah keterbatasan yang ada, tetap bisa berkarya dan bekerja keras sehingga pekerjaan-pekerjaan yang wajib ditindaklanjuti dapat diselesaikan dengan baik,” ujarnya. Dirinya tetap mengharapkan adanya pihak-pihak lain untuk turut serta bersama-sama memerangi pandemi Covid-19 di Kabupaten Karangasem. Seluruh pihak baik ditingkat satuan pendidikan, guru/pegawai, pengawas, orang tua peserta didik agar bersama-sama meminimalisir dampak Vrus Corona di lingkungan pendidikan.

BACA JUGA:  Pemkab Gianyar Gelar Pasar Gotong Royong Krama Bali

Mas Sumatri juga berharap segala kebijakan pelaksanaan pendidikan dimasa tanggap darurat Covid-19 ini bisa diinformasikan oleh masing-masing koordinator wilayah kepada satuan pendidikan dibawah binaannya, agar tidak terjadi kebingungan di tingkat satuan pendidikan.

Sementara itu, Kadisdikpora Karangasem I Gusti Ngurah Kartika, mengatakan sudah mengupayakan langkah-langkah dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 sejak ditetapkannya status tanggap darurat, diantaranya menginstruksikan kepada satuan pendidikan untuk melakukan pencegahan secara mandiri melalui penyemprotan desinfektan pada lingkungan sekolah. Untuk selanjutnya agar tetap dilaksanakan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah. (huk)