Polisi Buru Pelaku Perusak Patung di Pura Jagatnatha Denpasar

Patung di depan Pura Jagatnatha yang dirusak orang tak dikenal. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Tiga buah patung di pintu masuk Pura Jagatnatha Denpasar dirusak orang tak dikenal. Pelaku diperkirakan melakukan pengerusakan saat pelaksanaan Hari Raya Nyepi.

“Patung Dewi dirusak pada bagian muka, dan dua buah patung rerencang kanan dan kiri bagian tangan putus keduanya,” kata Kasubbag Humas Polresta Denpasar Iptu I Ketut Sukadi saat dikonfirmasi, Jumat (27/3/2020).

Tidak hanya patung di depan Pura Jagatnatha, pelaku juga merusak telepon umum di Jalan Surapati depan SMPN 1 Denpasar, sebuah baliho berisi foto pecalang milik Bajar Bun, dan Pos Polisi di perempatan Jalan Surapati – Melati.

“Pos Polantas dilempar batu hingga kacanya pecah. Perkiraan aksi pengerusakan dilakukan dini hari pada saat Nyepi,” terang Kasubbag Humas.

Dari keterangan pecalang bernama Kadek Riana (43), ketika melakukan patroli gabungan untuk Hari Raya Nyepi, Rabu (25/3/2020) sekitar pukul 07.30 WITA, ia melihat gagang telepon umum berserakan di trotoar depan pintu masuk SMP 1 Denpasar.

Saksi lalu berjalan kaki menuju Pura Jagatnatha yang berjarak sekitar 100 meter dari telepon umum. Di sana saksi melihat satu buah patung Dewi dan dua patung rerencangan dalam keadaan rusak.

“Saksi kemudian memberitahu Ketua Pecalang, dan melaporkan ke Bhabinkamtibmas desa setempat,” jelas Iptu Ketut Sukadi.

Hasil penyelidikan, di seputaran TKP ditemukan sebuah sarung parang yang diduga milik pelaku.

“Untuk pelaku masih dalam penyelidikan. Kasusnya sendiri sudah ditangani oleh Unit Reskrim Polsek Denpasar Timur,” ucap Kasubbag Humas. (agw)

BACA JUGA:  Gunakan Kunci Palsu, Aryana Bawa Kabur Sepeda Motor Warga Sesetan