BMKG: Gempa 5,2 SR Guncang Bali Tak Berpotensi Tsunami

Ilustrasi gempa.

Beritabalionline.com – Gempa bumi berkekuatan 5,2 skala richter terjadi di Samudera Hindia Selatan Bali. BMKG menyebut titik gempa di laut pada jarak 256 km arah selatan Kota Denpasar dengan kedalaman 10 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi pada pukul 14.48 WITA merupakan jenis gempabumi dangkal, akibat adanya aktifitas subduksi Lempeng Indonesia-Australia di bawah Lempeng Eurasia,” terang Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono, Minggu (22/3/2020).

Triyono mengatakan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault ).

Guncangan gempa dirasakan masyarakat di daerah Lombok Barat dan Mataram dan membuat benda-benda ringan yang digantung goyang.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” tegas Triyono.

Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, serta pastikan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” ucapnya. (agw)

BACA JUGA:  Bocah di Denpasar Jatuh ke Sumur Sedalam 10 Meter Gegerkan Warga