Jokowi: Pemerintah Sudah Siapkan Obat untuk Mengobati Pasien COVID-19

Presiden Joko Widodo.

Beritabalionline.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah telah menyiapkan obat untuk mengobati pasien yang terinfeksi virus corona atau COVID-19. Obat-obat tersebut merupakan hasil riset beberapa negara dan telah diuji coba terlebih dahulu.

“Pemerintah juga menyiapkan obat hasil riset dari beberapa negara agar bisa digunakan untuk mengobati pasien COVID-19 ini sesuai dengan resep dokter,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (20/3/2020).

Ada dua obat yang dipesan oleh pemerintah, yaitu avigan dan klorokuin. Jokowi menyebut pemerintah sedang menyiapkan 2 juta obat avigan dan 3 juta klorokuin untuk menyembuhkan pasien-pasien corona.

“Dan memberikan kesembuhan yaitu avigan, kita telah mendatangkan 5000, akan kita coba dalam proses pemesan 2 juta. Kemudian yang kedua klorokuin, ini kita telah kita siap 3 juta. Kecepatan ini yang saya sampaikan bahwa kita tidak diam. Tapi mencari hal-hal informasi apa yang bisa agar dapat meyelesaikan COVID-19 ini,” ujar dia.

Dia menyebut dokter-dokter akan ditugaskan untuk memberikan resep kepada pasien yang terinfeksi corona dari rumah ke rumah atau melalui RS dan Puskesmas. Dia meminta obat-obat tersebut agar diperbanyak oleh BUMN yang bergerak di bidang farmasi.

“Obat tersebut akan sampai kepada pasien yang membutuhkan melalui dokter keliling dari rumah ke rumah, melalui RS dan puskesmas di kawasan yang terinfeksi,” tutup Jokowi. (itn)

BACA JUGA:  Langgar Aturan, 25 WNA Asal Afrika Diamankan