Imbas Corona, Dewan Karangasem Tunda Kegiatan

Ketua DPRD Karangasem, I Gede Dana.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Imbas penyebaran virus covid-19, DPRD Karangasem sementara waktu menunda sejumlah kegiatan rapat-rapat yang melibatkan banyak orang. salah satunya penyelesaian tiga rancangan peraturan daerah (Raperda) yang saat ini sedang di bahas di DPRD Karangasem, yakni raperda tentang perlindungan dan Pemberdayaan petani, Raperda tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan serta satu raperda yang diajukan eksekutif tentang tera ulang.

Ketua DPRD Karangasem, I Gede Dana mengatakan pihaknya mengikuti instruksi dari pemerintah untuk menunda sementara waktu untuk kegiatan yang melibatkan banyak orang. sehingga tugas-tugas DPRD pun sementara waktu ditunda.

Gede Dana menyebutkan selain pembahasan materi tiga raperda pihaknya melakukan penundaan kegiatan ke luar daerah sampai tanggal 30 Maret mendatang.

“Instruksi dari pemerintah harus kita jalankan untuk sementara waktu,” katanya Senin (16/3/2020).

Terkait mendekati hari Raya Nyepi , Gede Dana berharap Hari Raya untuk tetap dijalankan tetapi dengan mengurangi aktifitas yang berlebihan. Begitu juga saat mengarak ogoh-ogoh agar sebisanya melakukanyadengan cara sederhana.”yang penting jangan menurunkan masyarakat berlebihan dan tetap menjaga kondisi fisik,” ujarnya.

Selai itu, Gede Dana juga berharap siswa yang diminta belajar dari rumah, para guru diharpkan tetap melakukan pengawasan secara bersama-sama dengan cara memberikan pekerjaan rumah (PR) terhadap anak didiknya oleh masing-masing guru bidang.

Pengawasan guru kerumah siswa, itu sangat diperlukan mengingat hampir 70 persen masyarakat terutama diwilayah Kecamatan Kubu, Abang maupun kecamatan Selat terkendala jaringan. Yang paling penting pengawasan tidak hanya para guru, orang tua siswa pun mesti ikut melakukan pengawasan terhadap anak-anaknya. “jangan sampai diberikan belajar dirumah, malah berpergian ketempat lain yang menimbulkan keramaian baru,” pungkasnya. (knk)

BACA JUGA:  Tukang Ojek Jual Surat Sehat Bebas Covid-19 Kepada Penumpang di Pelabuhan Gilimanuk