Cegah Penyebaran COVID-19, RSUP Sanglah Batasi Kunjungan Pasien

Direktur Medik Keperawatan dan Penunjang RSUP Sanglah, Ketut Sudartana. (foto : Istimewa)

Beritabalionline.com – Direktur Medik Keperawatan dan Penunjang Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah Ketut Sudartana mengatakan, pihaknya telah mengeluarkan kebijakan untuk meniadakan jam kunjung untuk pasien yang sedang dirawat di RSUP Sanglah, Denpasar, Bali.

Hal itu, dilakukan karena Pemerintah Indonesia resmi menetapkan wabah virus corona atau COVID-19 sebagai bencana nasional non alam.

“Sehubungan ditetapkan status bencana nasional non alam, khususnya untuk COVID-19. Maka rumah sakit Sanglah mengambil langkah-langkah untuk mencegah penularan daripada virus COVID-19,” kata Sudartana yang dikonfirmasi wartawan, di Denpasar, Selasa (17/3/2020).

Ia menerangkan, untuk kebijakan pertama adalah meniadakan jam berkunjung untuk pasien-pasien yang dirawat di RSUP Sanglah Denpasar dan pasien yang dirawat hanya boleh ditunggu maksimal oleh dua orang keluarganya.

Kemudian, yang kedua adalah menghentikan atau menunda kegiatan yang bersifat mengumpulkan orang banyak. Seperti seminar, workshop, pelatihan, baik yang dilakukan RSUP Sanglah maupun yang dilakukan di luar RSUP Sanglah.

“Ketiga, kami mengimbau kepada masyarakat Bali khususnya Denpasar, apabila mau berobat ke rumah sakit umum Sanglah hendaknya melalui pendaftaran online. Sehingga, hal ini bisa mencegah atau mengurangi penumpukan massa atau pasien di poliklinik di rumah sakit umum Sanglah Denpasar,” ujar Sudartana.

Ia juga menyebutkan, untuk data Penanganan Pasien dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 saat ini telah merawat 13 pasien dengan rincian yakni 6 warga negara asing dan 7 warga negara Indonesia.

“Untuk hari ini ada 13 pasien dengan status pengawasan covid-19, dengan rincian 6 laki-laki dan 7 perempuan. Kondisi pasien yang 13 itu semua dalam keadaan stabil, artinya tidak panas dan tidak batuk maupun pucat. Kami masih menunggu hasil pemeriksaan (laboratorium) dari Jakarta,” demikian Sudartana.  (tra/itn)

BACA JUGA:  Sholat Idul Adha di Gianyar Berlangsung Khidmat