Wali Kota Denpasar Buka Pameran dan Lomba Sketsa Ogoh-ogoh

IB Rai Mantra saat membuka Pameran dan Lomba Sketsa Ogoh-ogoh Caka 1942 ST Tunas Muda. (foto : Ist)

Beritabalionline.com – Untuk mewadahi kreatifitas seni budaya serta mendukung pengembangan seni sketsa, ST. Tunas Muda, Banjar Dukuh Mertajati, Desa Sidakarya Denpasar menggelar Pameran dan Lomba Sketsa Ogoh-ogoh serangkaian perayaan Hari Suci Nyepi Caka 1942.

Kegiatan yang digelar untuk kali pertama ini dibuka Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra yang ditandai dengan pemotongan pita bunga di Balai Banjar Dukuh Mertajati, Sidakarya, Denpasar Selatan, pada Senin (16/3/2020). Kegiatan ini akan berlangsung hingga 20 Maret mendatang.

Hadir dalam kesempatan tersebut Sekcam Denpasar Selatan, I Wayan Yuswara Perbekel Desa Sidakarya, I Wayan Rena, Perwakilan OPD di lingkungan Pemkot Denpasar serta warga masyarakat Banjar Dukuh Mertajati, Sidakarya.

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Rai Mantra meninjau karya ogoh-ogoh ST. Tunas Muda yang berjudul Pengadang-ngadang yang terbuat dari bahan ramah lingkungan. Selain itu, Rai Mantra juga melihat pameran sketsa ogoh-ogoh serta berkesempatan memberikan voting untuk pemilihan karya terfavorit.

Dalam kesempatan tersebut Rai Mantra mengatakan bahwa seni ogoh-ogoh merupakan sebuah karya seni rupa yang sarat makna. Dimana, dalam pelaksanaanya mengandung unsur penetralisisir, dimana aplikasinya bertujuan untuk nyomya bhuta kala, sehingga keseimbangan alam semesta dapat diwujudkan.

Rai Mantra menambahkan, dalam proses pembuatan ogoh-ogoh, setelah penentuan tema maka tahapan awal yang dilaksanakan adalah membuat sketsa. Hal ini yang menjadi acuan dalam proses pembuatan kedepanya, sehingga prinsip gotong royong dapat diciptakan.

“Tentunya kami sangat mengapresiasi serta mendukung pelaksanaan kegiatan ini sebagai upaya memberikan ruang kreatifitas serta menjadi wahana untuk mengembangkan seni sketsa yang bertalian dengan Hari Suci Nyepi Caka 1942,” ujarnya.

BACA JUGA:  Disdik Jamin Semua Tamatan SD di Klungkung Tertampung di SMP

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan ruang apresiasi, menumbuhkan kreatifitas, serta sebagai upaya mengembangkan potensi seni rupa khususnya bidang sketsa bagi generasi muda Bali. (tra)