Gubernur Bali Bentuk Satgas Tanggulangi Virus Corona

Gubernur Wayan Koster (tengah) beri keterangan pers terkait pembentukan Satgas Penanggulangan Virus Corona. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Gubernur Bali I Wayan Koster telah membentuk Satuan Tugas (SATGAS) Penanggulangan Corona Virus Disease (COVID-19) yang dituangkan dalam Keputusan Gubernur Bali Nomor : 236/03-B/HK/2020 tanggal 10 Maret 2020.

“Satgas dipimpin oleh Sekretaris Daerah Provinsi Bali,” kata Gubernur kepada awak media, Senin (16/3/2020) di Denpasar.

Satgas yang dibentuk meliputi Satuan Tugas Kesehatan, Satuan Tugas Area dan Transportasi Publik, Satuan Tugas Area Institusi Pendidikan, Satuan Tugas Komunikasi Publik, dan Satuan Tugas Pintu Masuk Indonesia.

Dikatakan oleh Gubernur, Satgas mempunyai tugas terpadu untuk menyelenggarakan kewaspadaan dan penanggulangan COVID-19 secara menyeluruh sesuai protokol penanggulangan COVID-19 dan melaporkan perkembangannya setiap hari kepada gubernur.

“Secara garis besar, lima hal mendesak yang harus segera dilakukan oleh Satgas,” terang Gubernur yang didampingi Wakil Gubernur Cok Ace dan Sekda Provinsi Bali Dew Made Indra.

Pertama tugas Satgas yakni peningkatan kapasitas penanganan penyakit, khususnya di fasilitas kesehatan. Kedua memastikan ketersediaan sarana yang berkaitan dengan pencegahan dan penularan COVID-19.

Ketiga peningkatan kapasitas deteksi dini dan pencegahan di pintu masuk seperti bandara dan pelabuhan, keempat tingkatkan upaya pengendalian penyebaran virus dengan melakukan pembatasan kegiatan yang melibatkan orang banyak.

“Kelima menggencarkan kampanye dan edukasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” bebernya. (agw)

BACA JUGA:  Pegawai Dishub Kontak Langsung Dengan Penderita Covid-19, Klungkung Bertambah 4 Positif