ESI Bali Targetkan Raih Medali Emas di PON 2020 Papua

Pengurus Pengprov ESI Bali Masa Bhakti 2020-2024. (foto : Sastra/Beritabalionlne.com)

Beritabalionline.com – Jelang perhelatan pesta olah raga tingkat nasional, PON XX/2020 di Papua 20 Oktober – 2 November mendatang, Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) secara resmi mengesahkan kepengurusannya atau Personalia Pengurus Besar Esports Indonesia Tingkat Provinsi masa bhakti 2020 – 2024, termasuk diantaranya Pengprov ESI Bali.

Ketua Harian Pengprov ESI Bali, Anak Agung Gde Harya Putra dalam jumpa wartawan di Denpasar, Jumat (13/3/2020), mengatakan bahwa organisasi PB Esports Indonesia dibuat berdasarkan kesepakatan bersama Simposium Olah raga Esports pada 3 Oktober 2019 di Jakarta yang dihadiri para pemangku kepentingan dan komponen olah raga Esports di tanah air.

Selanjutnya, dalam Rapat Dewan Pendiri PB ESI pada 13 Januari 2020, untuk Periode Pertama telah memilih dan menetapkan Jenderal Polisi (P) Profesor Dr. Budi Gunawan, SH, M.Si sebagai Ketua Umum PB ESI.

Menurut Harya Putra, pembentukan kepengurusan Pengprov ESI Bali pada 3 Maret 2020 adalah dalam rangka mengelola, membina dan mengembangkan atlet olah raga Esports yang berprestasi di tanah air untuk menuju prestasi kelas dunia.

Khusus di Bali, lanjut dia, ESI selain telah dibentuk kepengurusan Pengprov ESI Bali, juga telah membentuk Pengda ESI Kabupaten/Kota melalui rekrutmen dan mencari yang dipilih figur-figur yang kompeten dan mendukung semangat tinggi dalam memajukan Esports. Terlebih di Bali, gamer milenial pernah menorehkan prestasi menggembirakan, yakni juara 2 nasional tingkat SMA dan berhasil masuk 8 besar dalam Turnamen Perebutan Piala Presiden atas nama Kadek Ari Wiryatama.

Menurut rencana, pelantikan Personalia Pengprov ESI Bali akan dilaksanakan pada 14 Maret 2020 secara On-line, bersamaan dengan kerangka menjajal kualitas fasilitas media teknologi (IT) yang mana di dalam Esport sesuai dengan jaringan TI dalam pemgoperasian game.

BACA JUGA:  Jokowi Minta Kemenpora Lakukan Kajian Total Ekosistem Pembinaan Prestasi Olahgara Nasional

Menjawab pertanyaan beritabalionline.com tentang persiapan Pengprov ESI Bali menghadapi PON 2020 di Papua, Harya Putra mengatakan ESI Bali memasang target medali emas. “Kendati Esports belum menjadi cabang olah raga resmi dipertandingkan (masih eksibisi) di PON 2020, kami akan tetap berjuang semaksimal mungkin untuk dapat mendulang medali emas,” ujarnya meyakinkan.

Ditanya atlet daerah mana yang akan menjadi rival berat Bali di PON nanti, ia mengatakan, kemukinan tim EsportsĀ  dari DKI Jakarta. Mengingat sejauh ini peta kekuatan tim Esports daerah lain belum terbaca.

Kendati demikian, Harya Putra optimistis atlet-atlet Esports Bali bisa mengimbangi kekuatan atlet DKI Jakarta. Keyakinan ini didasarkan atas prestasi yang dibukukan atlet Esports Pulau Dewata di beberapa turnamen baik berskala nasional, regional maupun internasional.

Adapun susunan Pengprov ESI Bali Masa Bhakti Tahun 2020 – 2024 terdiri atas Bambang Yogaswara (Ketua Pengurus), A.A Gde Harya Putra (Wakil Ketua Pengurus/Ketua Harian), I Dewa Gede Dwi Mahayana Putra Nida (Sekretaris), Adi Wiratama Laksana Putra (Wakil Sekretaris), Sudadi Murthado (Bendahara) dan Agung Bagus Pratiksa Linggih (Wakil Bendahara).

Berikutnya, I Putu Agus Swastika (Ketua Bidang Organisasi), Dewa Ngakan Putu Yudha Pratama (Ketua Bidang Wasit dan Pelatih) dan Gusti Lanang Agung Raditya Putra (Ketua Bidang Kompetisi, Atlet dan Prestasi). (tra)