Diduga Terjangkit Virus Corona, Satu Pasien Dirujuk ke Rumah Sakit di Karangasem, Bali

Foto ilustrasi.

Beritabalionline.com – Salah satu puskesmas telah merujuk salah seorang pasien yang masih dalam pemantauan atas dugaan terjangkit virus corona (Covid-19) ke salah satu rumah sakit di Karangasem, Bali, pada Jumat (13/3/2020).

Pasien yang dirujuk berjenis kelamin perempuan berusia 23 tahun, di mana yang bersangkutan mengalami keluhan berupa batuk pilek dan sesak nafas sejak beberapa hari terakhir.

“Pasien kemarin sempat berobat ke Puskesmas, kemudian disurvei tadi pagi dan akhirnya dirujuk menggunakan ambulance langsung,” kata seorang sumber pada salah satu puskesmas di Karangasem kepada wartawan.

Ia menyebutkan, pasien dirujuk untuk pengawasan lebih lanjut setelah hasil survei kondisi pasien mengalami gejala batuk pilek dengan panas dan sesak nafas, serta ada riwayat kontak dengan warga negara asing.

Pasien diketahui bekerja di wilayah Kuta, Kabupaten Badung, dan dari informasi yang diperoleh menyebutkan bahwa dia belum lama pulang ke kampung halamannya di Karangasem. Sebelumnya dia mengalami batuk sejak satu bulan lalu, namun sejak tiga hari terakhir kondisinya semakin memburuk sampai akhirnya diajak memeriksakan diri ke salah satu Puskesmas.

“Katanya si pasien baru pulang dari Denpasar, kodisinya batuk, filek dan panas makin parah sejak tiga hari lalu,” terang sumber.

Untuk perkembangan lebih lanjut, pihak Puskesmas tempat si paseian dirawat masih menunggu hasil pemeriksaan dan lab dari pihak rumkah sakit, sehingga belum dapat dipastikan apakah yang bersangkutan positif corona atau tidak.

Apabila kondisi pasien memburuk, maka tim surveilan Puskesmas bersama surveilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem akan melakukan pemantauan setiap hari di lingkungan tempat tinggal pasien serta melakukan penyisiran siapa saja yang sempat kontak langsung dengan pasien. (itn)

BACA JUGA:  Pemuda Tenggelam di Sungai Sangsang Ditemukan Sudah Tak Bernyawa