Terinfeksi Virus Corona, Satu Orang WNA Meninggal di Bali

Sekda Bali Dewa Made Indra (kiri) didampingi Kadis Kesehatan Provinsi Bali Ketut Suarjaya saat memberi keterangan pers, terkait meninggalnya seorang WNA yang positif terinfeksi virus corona. (foto : Ist)

Beritabalionline.com – Seorang warga asing dinyatakan meninggal dunia karena terinfeksi virus corona atau Covid-19 saat menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Denpasar, Bali.

“Tadi pagi sekitar pukul 02.45 WITA, salah satu WNA yang berada dalam status pengawasan meninggal dunia. Pasien ini berjenis kelamin wanita, usianya 53 tahun,” kata Sekda Provinsi Bali, Dewa Made Indra kepada awak media, Rabu (11/3/2020) di Denpasar.

Sekda menerangkan, pasien tersebut masuk rumah sakit pada Senin (9/3/2020) dan langsung dilakukan penindakan dengan prosedur yang sangat ketat.

Dijelaskan, saat masuk korban didiagnosa memiliki riwayat penyakit seperti diabetes melitus, hipertensi, hiperteroit, penyakit paru menahun, serta diduga terinfeksi virus corona.

“Jadi ada empat penyakit bawaannya yang sudah cukup lama, ditambah gejala-gejala Covid-19 maka dilakukan pengawasan ketat sesuai dengan prosedur,” jelas Sekda Bali yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali Ketut Suarjaya.

Lebih jauh dikatakan, dikarenakan wna tersebut meninggal dalam kondisi pengawasan, sehingga penanganannya disesuaikan dengan orang terinfeksi penyakit menular.

“Karena ini warga negara asing, maka sesuai protap pengendalian Covid-19, harus dilakukan tracking dengan siapa saja orang ini melakukan kontak. Dari hasil tracking, memang orang ini pernah kontak dengan orang lain. Semua sudah kita dapatkan datanya,” terang Sekda.

Terhadap orang-orang yang pernah kontak dengan sang wna, maka dilakukan penanganan lebih lanjut, di antaranya orang tersebut dilarang bekerja keluar rumah serta diambil darahnya untuk uji lab.

“Kalau di rumah dia disuruh agar memakai masker, dan diperiksa kesehatannya oleh tim kesehatan dari kami,” paparnya.

BACA JUGA:  19 Advokat FERARI Bali Diambil Sumpah, Diingatkan Jaga Marwah Profesi

Pemprov Bali telah melakukan komunikasi dengan suami korban. Dari komunikasi tersebut disepakati jenazah korban akan dikremasi di pemakaman Mumbul, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali. (agw)