Gede Dana Dorong Generasi Muda Kampanyekan Bahaya Narkoba dan HIV/AIDS

Ketua DPRD Karangasem I Gede Dana menghadiri sosialisasi anti narkoba di Gedung DPRD Karangasem.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Ketua DPRD Karangasem I Gede Dana mendorong generasi muda maupun pemerintah untuk aktif mengkampanyekan bahaya penyalahgunaan narkoba dan virus HIV/AIDS di Karangasem.

Setiap instansi maupun pihak-pihak terkait didorong lebih intens menggelar kegiatan pendidikan anti narkoba, terutama sekolah. DPRD Karangasem pun siap mengawal jika pemerintah memerlukan anggaran mengadakan penyuluhan bahaya narkoba di instansi pemerintahan.

“Penyuluhan itu sangat penting. Mensosialisasikan bahaya narkoba itu perlu,” ujar Gede Dana saat menghadiri giat Sosialisasi Penyalahgunaan Narkoba dan HIV/AIDS yang digelar PDIP Karangasem di Wantilan Gedung DPRD Karangasem, Minggu (9/3/2020).

Kata Gede Dana, lembaga DPRD Karangasem pun senantiasa bersedia memulai langkah tersebut. Salah satu langkah proteksi di DPRD, yakni mengadakan tes urine terhadap semua anggota DPRD Karangasem. Kegiatan itu rencana dilakukan mendadak.

“Membuat kejutan untuk mengadakan tes urine di lembaga dewan. Kalau itu ditunggu saja. Sebagai pejabat pemerintah jangan coba-coba memberikan contoh yang buruk, tentu arah ke sana (tes) ada. Tunggu saja,” ujarnya.

Selain dihadiri para politisi, panitia pelaksana juga mengundang ratusan pelajar dari berbagai sekolah di Karangasem. Saat memberi penjelasan, Gede Dana meminta generasi muda setia bersama pemerintah memberantas narkotika. “Para siswa, mahasiwa dan pemuda, kami ajak bersama-sama mencegah dan menanggulangi bahaya narkoba dan HIV/AIDS,” ucapnya.

Meski secara umum angka penyalahgunaan narkoba di Karangasem rendah, namun upaya pencegahan sangat penting dilakukan. “Ini untuk melindungi generasi muda. Karena mereka yang nanti melanjutkan kepemimpinan,” kata politisi asal Desa Datah, itu meneguhkan.

DPC PDI Perjuangan menghadirkan narasumber Kepala BNNK Karangasem AKBP Ketut Artha, dan Wayan Sutama dari Dinas Kesehatan Karangasem. Selain menggelar sosialiasi bahaya narkoba dan HIV/AIDS, panitia juga menghadirkan salah satu mantan pengguna narkoba di tengah-tengah peserta untuk memberikan testimoni. (knk)

BACA JUGA:  Atasi Transmisi Lokal, GTPP Covid-19 Kota Denpasar Maksimalkan Tes Swab Massal