Minggu Malam, Lombok Utara Digoyang Dua Kali Gempa

Pusat gempa bumi di Lombok Utara, NTB. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Wilayah Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat diguncang gempa bumi tektonik, Minggu (8/3/2020) pukul 20.11 WITA. BMKG menyebut gempa bumi berkekuatan 4,2 skala richter.

“Gempa berlangsung dua kali. Namun yang gempa susulan berkekuatan 2,4 skala richter,” kata Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, M. Taufik Gunawan di Denpasar.

Gempa pertama terletak pada koordinat 8.41 LS dan 115.99 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 19 km Barat Daya Lombok Utara dengan kedalaman 10 km.

Sedangkan gempa susulan terletak pada 8.39 LS dan 115.95 BT atau 23 km Barat Daya Lombok Utara dengan kedalaman 10 km.

Gunawan menerangkan, dari pengamatan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif, hasil interaksi sesar naik busur belakang Flores (Flores Back Arc Trust).

“Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Lombok Utara. Getaran dirasakan nyata dalam rumah seakan-akan ada truk berlalu,” sebutnya.

Di Lombok Barat, Mataram dan Karangasem lanjutnya, getaran dirasakan oleh beberapa orang serta benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Kami mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ucap Gunawan. (agw)

BACA JUGA:  ASN Diminta Optimal Layani Masyarakat Saat New Normal