Kemenkes Telusuri WN Malaysia Positif Corona yang Sempat ke Jakarta dan Bogor

Juru Bicara Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto. (foto : Liputan6.com)

Beritabalionline.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menelusuri riwayat perjalanan Warga Negara (WN) Malaysia yang dinyatakan positif virus corona (COVID-19) usai pulang dari Indonesia. WN Malaysia itu sempat berkunjung ke Jakarta dan Bogor.

“Ya pasti kita berkoordinasi karena bekerja sama dengan itu. Dan kita sudah mendapatkan datanya di Indonesia dia dimana dan kemudian siapa kontaknya,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto di Kantor Presiden Jakarta, Minggu (8/3/2020).

Kendati begitu, dia tak mengungkapkan berapa banyak dan siapa saja orang yang berkontak dekat dengan WN Malaysia tersebut. Yurianto menegaskan bahwa tak semua yang pernah berkontak dengan pasien positif corona menjadi tertular.

“Jadi tidak selalu semua kontak tracing adalah positif atau semuanya menjadi suspect,” jelas dia

Sebagai informasi, WN Malaysia tersebut berjenis kelamin perempuan dan baru saja kembali berkunjung dari Jakarta dan Bogor bersama keluarganya. Kunjungan itu dilakukan antara tanggal 13-19 Februari lalu.

WN Malaysia itu dinyatakan positif virus corona pada 4 Maret 2020. Dia lantas menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Kuala Lumpur.

Sementara di Indonesia, tercatat sudah enam orang yang dinyatakan positif virus corona. Dua kasus diantaranya karena pernah berkontak dekat dengan WN Jepang yang positif corona. Dua lainnya karena berkontak dengan pasien kasus 1. Satu pasien merupakan ABK kapal diamond princes. (itn)

BACA JUGA:  Pengasuh Ponpes di Bangkalan Madura Halalkan Santrinya Konsumsi Sabu