Sebulan di China, WNA Rusia Suspect Corona di Rawat RS Sanjiwani

Seorang Pasien asal Rusia ditangani secara khusus di RSU Sanjiwani Gianyar.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Salah satu pasien asal Rusia diduga suspeck Corona dirawat di RSUD Sanjiwani Gianyar. Direktur RSUD Sanjiwani Gianyar, dr. Ida Komang Upaksa, Selasa (3/3/2020) mengatakan, Pasien tersebut asal Rusia. Kini pasien masih dalam pengawasan.

“Ini masih diduga belum ada hasil lab yang membuktikan, uji lab belum keluar” jelasya. Kita masih manunggu hasil lab, dari Provinsi. Terkait apakah hasil lab positif atau negatif yang berhak mengumumkan itu provinsi. “Jika memang positif langsung akan dikirim ke sanglah” tandasnya.

Terkait fasilitas RSUD Sanjiwani yang dijadikan sebagai salah-satu RSUD rujukan jika ada pasien corona, Upeksa mengatakan saat ini masih melakukan persiapan.

Kata dia, ada tiga ruangan yang disiapkan, dan saat ini ruangan tersebut masih dalam proses renovasi untuk melengkapi standar kamar untuk pasien virus menular.

Renovasi yang dimaksudkannya, penambahan bed, upgrade AC dan exhaust fan supaya sesuai standar. Selain itu, pihaknya juga tengah merancang alur evakuasi, renovasi toitel dan penyiapan tenaga medis.

Ruangan khusus ini nantinya akan sangat tertutup atau tidak mengalami kebocoran, baik kebocoran udara sekalipun. Terkait tenaga medis, Upeksa menegaskan hal tersebut tidak ada masalah.

Sebuah dokter yang dibutuhkan sudah ada, seperti dokter spesialis paru-paru, spesialis anak dan para ahli penyakit dalam.

“Kami masih membutuhkan beberapa fasilitas dan sedang dipersiapkan,” ujarnya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Gianyar, Ida Ayu Cahyani mengimbau masyarakat tidak terlalu panik.

Masyarakat saat ini harus menerapkan gaya hidup sehat. Selain itu, ia juga meminta agar masyarakat mengindari tempat umum yang berpotensi berdesak-desakan.

Terkait bersalaman, pihaknya meminta agar sementara waktu tidak berjabat tangan. (yes)

BACA JUGA:  Overstay, Bule Rusia Dideportasi dan Masuk Dalam Daftar Tangkal