Eks Galian C ‘Disulap’ Jadi Lahan Produktif

Warga di Dusun Tegeh, Desa Amertha Buana, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem menanam ratusan pohon pisang.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Warga di Dusun Tegeh, Desa Amertha Buana, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem, berusaha menyulap eks lahan galian C menjadi lahan produktif dengan cara menanam ratusan pohon pisang.

Perbekel Desa Amertha Buana, I Wayan Suara Arsana menggagas ide untuk memanfaatkan lahan tersebut agar nantinya dapat menjadi pendapatan asli desa. Ia bekerjasama dengan kelompok Suka Damai Pranasih yang beranggotakan 30 orang bergotong royong menanam sebanyak 700 bibit pisang, Minggu (1/3/2020). Nanti hasilnya akan di bagi dua antara desa yang memberi bibit dan kelompok yang juga selaku pemilik tanah galian C tersebut.

“Pisang menjadi keperluan upakara, ditanamnya pisang juga agar tidak lagi beli keluar daerah, khusus nya di Desa Amerta Bhuana yang tiap hari memerlukan pisang,” ungkapnya. Pohon pisang juga dianggap gampang beranak pinak, sehingga ke depan pihaknya tidak lagi membeli bibit pisang.

Suara menarget tahun 2020 penanaman pisang diatas lahan seluas 1.000 are. Saat ini baru dilakukan penanaman seluas 80 are.(huk)

BACA JUGA:  Gubernur Koster Luncurkan Angkutan KSPN dan Shutle Bus Listrik untuk Layani 5 Trayek Wisata di Bali