Awal Maret, Denpasar dan Sekitarnya Diguyur Hujan Disertai Kilat dan Petir

Hujan guyur wilayah Denpasar. (foto : Agung Widodo/Beritabalionline.com)

Beritabalionline.com – Hujan deras mengguyur wilayah Denpasar dan sekitarnya di awal bulan Maret 2020. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut hujan berlangsung disertai kilat serta petir.

“Masyarakat agar mewaspadai potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat di sebagian besar wilayah Bali,” kata Kepala Bali Besar BMKG Wilayah III – Denpasar, M.Taufik Gunawan, Minggu (1/3/2020) di Denpasar.

BMKG menyebut hujan dengan intensitas ringan hingga sedang akan mengguyur sebagian wilayah Bali selama tiga hari kedepan, 1-3 Maret 2020.

Selain masih berada di musim penghujan, suhu muka laut di sekitar wilayah Bali yang berkisar antara 29 – 30°C memberikan kontribusi penguapan yang cukup untuk pembentukan awan-awan hujan.

“Angin umumnya bertiup dari arah Barat Daya – Barat Laut dengan kecepatan berkisar antara 8 – 34 kilometer per jam,” terang Gunawan.

Pihaknya mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana akibat hujan disertai angin kencang yang datang secara tiba-tiba.

“Waspada pohon tumbang, genangan air, banjir dan tanah longsor. Masyarakat agar selalu memperhatikan Informasi BMKG khususnya peringatan dini cuaca atau iklim ekstrem,” ucap Taufik Gunawan. (agw)

BACA JUGA:  Pasca 3 Petugas Medis Terpapar Corona, RSUP Sanglah Tingkatkan Kewaspadaan