Bertemu Jokowi, Mantan Perdana Menteri Inggris dan CEO Softbank Bahas Ibu Kota Baru RI

Presiden Jokowi saat menerima Tony Blair dan Masayoshi Son/Ist.

Beritabalionline.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan CEO Softbank Masayoshi Son dan mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair di Istana Kepresidenan Jakarta. Mereka membahas soal pembangunan ibu kota baru RI di Kalimantan Timur.

Masayoshi dan Tony Blair diketahui merupakan anggota Dewan Pengarah Pembangunan Ibu Kota baru, yang ditunjuk oleh Jokowi. Jokowi, Blair, dan Masayoshi tampak akrab berbincang di beranda Istana. Kemudian, mereka berpindah ke dalam Istana Merdeka.

“Dalam pertemuan di beranda Istana, kami membahas dua hal. Pertama, kami bicara mengenai tim keuangan dan masalah populasi. Saya pikir kedua hal tersebut sangat penting terkait proyek ini (ibu kota baru),” ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jumat (28/2/2020).

Sementara itu, Tony Blair menyambut baik visi pembangunan ibu kota baru Indonesia. Dia pun mengaku senang dapat menjadi salah satu anggota dewan pengarah pembangunan ibu kota baru.

“Saya rasa ini ide anda sangat hebat untuk Indonesia dan Ibu Kota baru. Suatu kebanggaan bagi saya menjadi bagian dari sesuatu yang bukan hanya untuk Indonesia, tapi luar negeri,” tuturnya.

Selain mematangkan konsep ibu kota baru, kedatangan Tony Blair dan Masayoshi Son juga membahas besaran investasi yang bakal diberikan untuk megaproyek tersebut. Keduanya disebut tertarik berinvestasi di Indonesia.

“Ya, mereka mau investasi,” ucap Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan usai mendampingi Jokowi. (itn)

BACA JUGA:  Kasus Positif Covid-19 Tembus Angka 772.103 Orang, Sembuh 645.746, Meninggal 23.109