68 WNI Kru Kapal Diamond Princess akan Diobservasi di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu

Kapal Diamond Princess.

Beritabalionline.com – Sebanyak 68 Warga Negara Indonesia (WNI) kru kapal pesiar Diamond Princess akan diobservasi terlebih dahulu di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta sebelum dikembalikan ke rumah masing-masing. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan, observasi tersebut hanya untuk prosedur protokol kesehatan yang harus dilakukan.

“Saya sampaikan bahwa yang dibawa kesini sudah melalui tes PCR (Polymerase Chain Reaction) dan dinyatakan negatif. Namun sekali lagi protokol kesehatan akan dilakukan secara ketat sehingga pada sampai mereka tiba di Indonesia akan dilakukan kembali pengecekan kesehatan,” kata Menlu di Gedung VIP Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (28/2/2020).

Menlu mengungkapkan, saat ini sudah ada 188 kru kapal Pesiar World Dream yang berada di Pulau Sebaru Kecil dan dinyatakan sehat.

“Sebagaimana yang sekarang ini sedang dilakukan oleh 188 kru yang baru saja kita jemput dan saya kira sudah sampai di pulau Sebaru Kecil, menurut rencana 68 WNI (kru kapal Diamond Princess) kita juga akan melalui proses serupa dan akan dibawa ke tempat tersebut,” kata Menlu.

Untuk diketahui, sebanyak 23 orang tim penjemputan berangkat ke Bandara Haneda pada pukul 16.00 WIB tadi dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia. Tim tersebut akan menjemput 68 WNI yang telah diperiksa dan dinyatakan negatif Corona oleh pemerintah Jepang. (itn)

BACA JUGA:  Pengendara Motor Tewas Menabrak Pohon Setelah Terjerat Tali Layangan