Proyek Fisik di Abang Butuh Anggaran 29 Miliar

Bupati IGA Mas Sumatri.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Abang digelar pada Rabu (26/2/2020)  di Gedung Serba Guna Abang, dibuka oleh Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri. Sumatri menyampaikan kegiatan fisik yang dibiayai dari APBD Kabupaten Karangasem di Kecamatan Abang. Alokasi anggaran untuk membiayai pekerjaan fisik di Kecamatan Abang Tahun 2020 mencapai Rp. 29 miliar lebih.

Kegiatan fisik diantaranya berupa pembangunan trotoar jalan ruas jalan kabupaten di Kecamatan Abang, peningkatan jalan kabupaten ruas jalan Datah Asah sepanjang 2 kilometer, ruas jalan Lean Bangle sepanjang 1 kilometer. Rehabilitasi jaringan irigasi daerah irigasi Mata Air Tirtagangga III, Penahan, Babakan, Datah, Bale Punduk, Subak Basangalas Tempek Buah Unggah, Ababi VII, Ababi IV,Tuminggal, Embukan, Ababi VI, dan Ababi. Normalisasi Tukad Celingcing Kecamatan Abang , Pengadaan SPAM PAMSIMAS di Desa Kesimpar. Rehabilitasi berat dan ringan sejumlah sekolah.

Camat Abang Ida Bagus Eka Ananta melaporkan  musrenbang kecamatan merupakan forum musyawarah stakeholders kecamatan untuk mendapatkan masukan prioritas kegiatan dari desa kelurahan serta menyepakati kegiatan lintas desa kelurahan di kecamatan tersebut sebagai dasar penyusunan indikatif tahunan daerah tahun 2020 nanti. “Musrenbang tingkat kecamatan bertujuan membahas dan menyepakati hasil musrenbang dari tingkat desa kelurahan yang akan menjadi prioritas kegiatan pembangunan di wilayah Kecamatan Abang,” ujar Eka.

Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri menyatakan penyelenggaraan pemerintahan yang baik diawali dari penyusunan perencanaan pembangunan yang baik. Untuk tahun 2020 Pemerintah Kabupaten Karangasem menerapkan aplikasi Simda Perencanaan dalam setiap proses perencanaan pembangunan. “Perlu dipahami keterbatasan anggaran pemerintah daerah mengakibatkan tidak semua usulan dapat dibiayai dari dana APBD Kabupaten Karangasem. Namun demikian pemerintah berupaya keras mendorong usulan prioritas pembangunan agar dapat didanai baik melalui dana APBD Provinsi maupun Pusat sesuai dengan program strategis dan kewenangannya,”ujar Mas Sumatri. (rls)

BACA JUGA:  Diguyur Hujan Deras, Kabel PLN di Jalan Pulau Kawe Terbakar