Pemkot Denpasar-Kedubes Inggris Kerja sama Bidang Pogram ‘English for Denpasar’

Wali Kota Rai Mantra (paling kanan) bersama Dubes Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins menanda tangani kerja sama di bidang program ‘English for Denpasar’. (foto : Ist)

Beritabalionline.com – Pemerintah Kota Denpasar menjalin kerja sama dengan British Council dan Kedutaan Besar (Kedubes) Inggris di bidang Pogram ‘English for Denpasar’. Acara Pogram English for Denpasar ini dibuka secara resmi Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra bersama Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins serta Deputi Direktur British Council Indonesia, Colm Downes.

Pembukaan ditantai dengan penandatanganan ‘Sprit English for Denpasar’ di ruang Audiovisual Gedung Dharma Negara Alaya, Denpasar pada Selasa (25/2/2020).

Rai Mantra mengatakan, program English for Denpasar ini merupakan komitmen Pemerintah Kota Denpasar dengan Kedutaan Besar Inggris untuk menjalin tali persahabatan dan mengimplementasi kerja sama dalam rangka membangun kapasitas sumber daya manusia melalui pembelajaran bahasa Inggris.

Pogram English for Denpasar ini juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas bahasa Inggris dan mendukung pembangunan sumber daya manusia di Denpasar. Sehingga dalam pelatihan nanti akan diikutsertakan 100 guru pegawai negeri sipil serta usaha kecil dan menengah (UKM).

‘’Kita tidak dapat lagi hanya mengandalkan sumber daya alam dan kemampuan fisik untuk mencapai kesejahteraan, tetapi harus lebih mengandalkan sumber daya mausia yang profesional. Salah satu persyaratan mutlak untuk mencapainya adalah dengan memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik,’’ ujar Rai Mantra.

Untuk itu, menurut wali kota, kerja sama yang terjalin antara Pemerintah Kota Denpasar dengan Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste memberikan banyak kesempatan untuk pelaku UMKM, terutama dalam meningkatkan kualitas SDM pada bidang bahasa.

BACA JUGA:  Pilih Pucuk Pimpinan, PWNU Bali Gelar Konferwil

Sementara Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins mengatakan, program English for Denpasar adalah bagian dari kampanye “English for Indonesia” yang diiniasi oleh British Council dan Kedutaan Besar Inggris di Jakarta bekerja sama dengan Pemerintah Kota Denpasar.

Kerjasama ini didasari kesamaan visi dalam meningkatkan pengetahuan serta akses sumber daya manusia berkualitas untuk mempelajari Bahasa Inggris, yaitu bahasa yang digunakan secara global untuk bisnis, pariwisata, pendidikan dan hubungan internasional.

Menurutnya, Kota Denpasar merupakan mitra yang kuat melalui kerja sama Second Cities Programme dengan pogram “English for Denpasar”. Kota Denpasar dikenal sebagai pusat pariwisata dan bisnis internasional.

“Berinvestasi dengan keahlian berbahasa inggris akan membawa masyarakat menjadi lebih dekat serta menciptakan lebih banyak koneksi yang dapat saling menguntungkan,” ungkapnya.

Deputi Direktur British Council Indonesia Colm Downes, menambahkan, bahasa Inggris menjadi bahasa global yang digunakan dalam bidang bisnis, pendidikan, pekerjaan dan hubungan internasional.

“Dengan mendukung masyarakat berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris yang baik, kami dapat mendorong pertukaran ide-ide serta ilmu pengetahuan antar individu. Selain itu, dengan keahlian berbahasa Inggris, bisa mendukung mereka untuk pengembangan usaha yang digeluti,” demikian Colm Downes.

Ditambahkan pula, dengan keterampilan berbahasa Inggris akan sangat membantu posisi Bali sebagai pusat pariwisata dan bisnis internasional. (tra)